Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

 


 


FKIP UKI Jakarta Bekerjasama Dengan FKIP Universitas Tadulako Palu Gelar Webinar “Peran LPTK Dalam mendidik Calon Guru Pada Jaman Digitalisasi”

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 25 November 2021, FKIP Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta bekerjasama dengan FKIP Universitas Tadulako (Untad) Palu menggelar webinar bertema “Peran LPTK Dalam mendidik Calon Guru Pada Jaman Digitalisasi: Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan".

Dekan FKIP UKI Jakarta Dr. Sunarto, M.Hum didampingi Ketua Pelaksana Webinar Ronny Gunawan,MPd kepada wartamerdeka.info, hari ini, mengungkapkan, seminar yang digelar secara online ini terkait dengan tema Peringatan Hari Guru Nasional 2021:  Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan.

"Mengapa ada kata “pulihkan Pendidikan? Hal ini terkait dengan proses Pendidikan pada masa pandemic Covid-19. Istilah Learning from home, work from home, muncul pada masa pandemi sejak bulan Maret tahun 2020 sehingga pelaksanaan pendidikan melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ)," ujar Dr Sunarto.

Dikatakan, pelaksanaan pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi dilaksanakan secara daring, hanya saja masih banyak kendala, sehingga ada yang mengkawatirkan adanya learning loss. Untuk mengatasi jangan sampai terjadi learning loss, maka perlu peningkatan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. 

Dalam hal strategi pembelajaran, tambahnya, kedudukan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) berperan penting dalam mendidik mahasiswa untuk disiapkan mejadi calon guru. Mendidik mahasiswa khususnya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menempati posisi penting, agar para mahasiswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam hal mengajar dengan menggunakan teknologi informasi. 

"Dengan hadirnya teknologi informasi menjadikan PJJ lebih mudah dilaksanakan, namun perkuliahaan tatap muka juga diperlukan. Kita akui bersama bahwa PJJ ada kekurangannya. Untuk itu perlu dilakukan kuliah secara campuran baik PJJ maupun tatap muka," ucapnya.

Terkait hal itu, menurut Sunarto, FKIP UKI bermaksud untuk merumuskan  strategi peningkatan kualitas Pendidikan.  

Sehubungan dengan maksud tersebut FKIP UKI bekerjasama dengan FKIP Universitas Tadulako berkeinginan memajukan bidang Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam pengabdian kepada masyarakat FKIP UKI bersama FKIP Universitas Tadulako  menyelenggarakan webinar Pendidikan untuk memperingati hari guru nasional  dengan topik “LPTK Mendidik calon Guru pada Jaman Digital.

Kegiatan webinar ini memiliki 3 tujuan. Pertama melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai perwujudan kerjasama FKIP UKI dengan FKIP Universitas Tadulako. 

Kedua, merefleksikan persoalan Pendidikan, pengajaran pada masa pandemic covid-19.

Ketiga, menyiapkan Pendidikan kepada  calon guru yang handal pada jaman digital.

Kegiatan webinar ini diharapkan menghasilkan luaran sebgai berikut:

1. Webinar LPTK mendidikan calon guru yang baik

2. Memberikan wawasan baru dalam strategi pembelajaran

3  Masukan Strategi peningkatan kualitas Pendidikan di LPTK

4. Mendorong  pencapaian target SDGs 2030

Adapun Narsumber Webinar dalam rangka memperingati hari guru nasional 2021 ini adalah: Dr. Herlina, SPd., M.Pd, Prof. Dr. dr. Bernadeta Nadeak, M.Pd, Prof. Dr. Marina Silalahi, SPd., Msi.

Webinar ini diikuti 500 peserta, dengan rincian:

- Mahasiswa calon sarjana Pendidkan dan Keguruan

- Guru sekolah mitra

- Dosen dari FKIP UKI dan Universitas Tadulako

- Peserta umum 

"Kami berharap webinar ini membuka cakrawala bersama  mahasiswa FKIP dan guru guru muda di Indonesia. Serta menjadi refleksi bersama untuk merumuskan strategi peningkatan kualitas Pendidikan calon guru pada masa kini dan yang akan datang," pungkas Sunarto. (Ar)

Posting Komentar untuk "FKIP UKI Jakarta Bekerjasama Dengan FKIP Universitas Tadulako Palu Gelar Webinar “Peran LPTK Dalam mendidik Calon Guru Pada Jaman Digitalisasi”"