Lamongan Kurangi Kemiskinan Ekstrem, 180 Orang Terima Tabungan BSPS

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Menjadi pilot project kemiskinan ekstrim nasional, Pemkab Lamongan terus melakukan  percepatan pengentasan kemiskinan dengan menyalurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada 180 penerima manfaat mengurangi jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Lamongan.

Program BSPS adalah program strategis pemerintah pusat bertujuan mendorong dan meningkatkan keswadayaan masyarakat untuk mewujudkan rumah layak huni, sesuai ketentuan Pasal 54 ayat (3) huruf b Undang-undang Nomor 1 tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman.

Di Kabupaten Lamongan terdapat 180 penerima manfaat yang tersebar di tiga lokasi, yakni 80 di Desa Sekarbagus  Kecamatan Sugio , 75  di Desa Kedungwaras Kecamatan Modo, dan 23 di Desa Sidokumpul Kecamatan Sambeng dengan nilai bantuan sebesar Rp. 20.000.000 terdiri dari Rp. 17.500.000  untuk bahan bangunan dan Rp. 2.500.000 untuk upah kerja

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyerahnya langsung  Buku Tabungan (Serbutab) program BSPS di wilayah extrem di Balai Desa Kedungwaras Kecamatan Modo, Jumat (10/12).  Hadir juga Wabup Abdul Rouf, Brand Manajer Bank Mandiri KCP Lamongan Nur Rahmawati, dan seluruh kepada OPD terkait.

“Saya atas nama pemerintah memberikan buku tabungan kepada 75 penerima manfaat di Desa Kedungwaras berupa bantuan stimulus yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan rumah tidak layak huni. Semoga dengan berbagai upaya ini kemiskinan di Lamongan dapat cepat terurai,” tutur Bupati Yes dihadapan masyarakat Desa Kedungwaras.

Bupati juga menjelaskan penerima manfaat akan mendapat pendampingan sehingga dalam pembangunan rumah  akan menjadi rumah yang layak huni dan sehat.  

“Tidak usah kuatir terkait bagaimana ini prosesnya, karena dalam pembangunannya para penerima manfaat akan didampingi, supaya dalam pembangunannya menjadi rumah yang sehat. Seperti apa rumah yang sehat itu? Yakni ada ventilasi udaranya, candela, cahayanya juga bagus dan sebagainya. Semoga menjadi barokah,” imbuhnya.

Sementara itu Kades Kedungwaras, Muhammad Nawir Ghozali, mengatakan sangat berterima kasih kepada Bupati atas upayanya dalam pengentasan kemiskinan di wilayahnya.

“Seperti yang bapak bupati sampaikan, terdapat 75 warga kami yang menerima program BSPS untuk memperbaiki rumahnya menjadi layak huni dan lebih sehat. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat mengentaskan kemiskinan ekstream di Lamongan,” kata kades. (Mas)  

Posting Komentar untuk "Lamongan Kurangi Kemiskinan Ekstrem, 180 Orang Terima Tabungan BSPS"