Desa Wanakerta Gelar Musrenbang Tahun Anggaran 2023

TANGERANG (wartamerdeka.info) - Desa Wanakerta, Kecamatan Sindang Jaya kabupaten Tangerang menggelar Musrenbang dilaksanakan di ruang Rapat/aula Kantor Desa Wanakerta, Rabu (19/1/2022). 

Musrenbang ini merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kebijakan dan masyarakat desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran 2023. Fokus  pembahasan musyawarah mengacu pada RPJM desa yang telah diamanatkan dalam dokumen rencana 5 tahunan. 

Di samping itu dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa tahun sebelumnya serta arah kebijakan Pemerintah Daerah setempat sampai dengan Pemerintah Pusat juga merupakan dasar perumusan yang harus diperhatikan. 

RKP Desa sendiri merupakan program yang disusun untuk merumuskan rencana pembangunan satu tahun ke depan yang nantinya akan dituangkan ke dalam RAPBDes (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa). 

Musrenbang Desa adalah kelanjutan dari kegiatan Musrenbang di tingkat Dusun yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Pemerintah Desa , BPD dan LPM Desa di tingkat dusun .

Dalam Rencana Program Kerja Desa sebagai program kerja lanjutan dari tahun sebelumnya serta usulan-usulan dari masyarakat yang sejalan dengan arah pembangunan daerah. 

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Sindang Jaya H Abudin, kepala Desa Wanakerta Tumpang Sugian , Sekdes Wanakerta, Ketua BPD, Ketua LPM, Bhabinkamtibmas Desa Wanakerta , Babinsa Desa Wanakerta , Ketua Karang taruna , Ketua Tem PKK , Kader Pos Yandu , Beserta perangkat desa , Para Ketua RT , RW , Jaro Se Desa Wanakerta Dan Masyarakat Desa Wanakerta.

Kepala Desa Wanakerta Tumpang Sugian dalam sambutannya mengatakan,  musrembang  ini guna menjalin tali silaturhmi dan menyerap aspirasi masyarakat terkait rencana pembangunan  Desa Wanakerta.

Sementara Camat Sindang Jaya dalam sambutannya mengatakan, aparat desa harus dapat membaca peluang potensi desanya. Sehingga beragam usulannya dapat terakomodir di berbagai dinas yang ada.

Selain itu, Desa juga dapat mengembangkannya dengan ide-ide kreatif, seperti, budidaya ikan tawar, pengelolaan lahan tidur, hidroponik dan ide ide kreatifnya lainnya.

“Dalam rangka mengembangkan SDM, ialah bagaimana menciptakan manusianya dapat berpikir maju yang dapat berpikir wirausaha, berpikir yang dapat mengembangkan ekonomi di wilayahnya,” jelasnya.

"Dan saya berpesan kepada Rt,RW,Jaro, dan khususnya warga Desa Wanakerta untuk menjaga kerukunan antar kita, antar warga demi terciptanya lingkungan yang aman, damai, dan kondusif," katanya. (Fatah) 


Posting Komentar untuk "Desa Wanakerta Gelar Musrenbang Tahun Anggaran 2023"