Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang mengecek lokasi jembatan pada Minggu malam di Lamongan mengatakan, dengan rampung-nya proses perbaikan membuat layanan percepatan logistik kini dapat terpenuhi sebelum Lebaran 2022.

"Alhamdulillah ternyata ini bisa lebih cepat 5 hari dari yang diperkirakan. Sekarang ini sudah siap untuk memberikan layanan percepatan logistik, jadi mudah-mudahan apa yang diharapkan oleh masyarakat, menjelang Lebaran seluruh proses yang terkait dengan pemenuhan logistik bisa diakses lebih cepat," ujar Khofifah.

Menurutnya, jembatan ini sangat vital, karena menjadi akses utama logistik yang menghubungkan Surabaya, Lamongan hingga Jawa Tengah.

"Banyak sekali logistik yang harus terpenuhi sebelum Lebaran, dan Alhamdulillah percepatan perbaikan bisa dilakukan oleh tim BBPJN," kata Khofifah, dalam siaran persnya.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang mendampingi gubernur bersama Kapolres Lamongan, AKBP Miko Indrayana, dan Kadishub Lamongan MS Heru Widi mengatakan, dengan tuntas-nya perbaikan jembatan diharapkan aktivitas lalu lintas di jalan nasional arteri primer di Kabupaten Lamongan ini dapat kembali berjalan lancar.

"Alhamdulillah seperti apa yang dikatakan Ibu gubernur, ini dapat selesai lebih cepat, dengan siap beroperasinya jembatan ini maka arus lalu lintas di Lamongan juga bisa kembali normal," tutur Yuhronur.

Sebelumnya, Tim Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) memperkirakan perbaikan kurang lebih 24 hari atau H-10 Idul Fitri, namun ternyata dapat selesai lebih cepat, dan pada Minggu (17/4) malam dilakukan uji kekuatan dan dinyatakan aman untuk dilewati.

Uji kekuatan dilakukan dengan dua jenis beban, yakni uji statik dan uji dinamik. Kedua tes dilakukan hingga 3 kali dengan 4 truk tronton bermuatan 35 ton (total 140 ton), dan jembatan dinyatakan layak dan aman untuk dilewati.

Sementara itu, kronologi ambles-nya Jembatan Ngaglik terjadi pada Selasa, 29 Maret 2022 pada pukul 14.00 WIB, karena adanya truk gandeng yang melintas dengan muatan berlebih pada ruas jembatan, sehingga membuat gelagar atau balok yang mendukung beban bekerja pada jembatan patah. (An)