PWO-IN Rayakan HUT Ke-4, Plt Ketua Umum Aris Kuncoro: Mari Terus Semangat Berkarya

JAKARTA (wartamerdeka.info) – Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara (PWO-IN), hari ini, 4 April 2022, merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-4. Kegiatan perayaan HUT PWO-IN dirayakan di sejumlah daerah, dengan sederhana namun khidmat.

Salah satunya dilaksanakan di Kantor PWO Magelang Raya, Nuren, Tegalrejo, Magelang, Jumat (08/04/2022).

PWOIN ini, untuk diketahui, berdiri pada tanggal  8 April 2018 di Bogor. 

Organisasi ini sebagai wadah dari para awak media online agar terjalin sinergitas dalam menjalankan tugas kewartawanan.

Plt Ketua Umum PWO-IN Aris Kuncoro dalam siaran persnya, hari ini, menyambut HUT ke-4 PWO-IN, mengajak para anggota PWO-IN di seluruh Indonesia untuk terus semangat dalam berkarya, di tengah berbagai tantangan di era jurnalisme cyber yang terus berkembang.

"Alhamdulillah, di tengah berbagai tantangan ini, teman-teman di PWO-IN terus berkarya dengan penuh semangat.  Termasuk semangat untuk mengembangkan organisasi PWO-IN ke berbagai pelosok negeri," ujar Aris Kuncoro, wartawan senior yang kini tercatat juga sebagai Pemimpin Redaksi wartamerdeka.info.

Saat ini, tambah Aris Kuncoro, PWO-IN telah mengembangkan sayap di sejumlah daerah, di antaranya Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Bali, NTT dan sejumlah daerah lain.

"Saat ini kami terus melakukan konsolidasi organisasi, karena banyak teman-teman wartawan di sejumlah daerah lain telah menyatakan siap bergabung," ungkapnya.

Dikatakannya, bahwa disamping pengembangan organisasi secara kwantitas, PWO-IN juga akan mengembangan kualitas atau skill para anggotanya.

Aris Kuncoro mengingatkan, dalam beberapa tahun terakhir ini media online telah berkembang pesat, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Hal ini seiring dengan semakin majunya teknologi informasi. 

Namun,  hal ini ternyata juga menyebabkan banyak media cetak “gulung tikar” dan beralih ke edisi online.

Teman-teman wartawan yang tadinya asyik berkarir di media cetak juga sudah mulai banyak beralih menjadi wartawan online. Tentu saja, hal ini butuh adaptasi sekaligus butuh penyesuaian dengan karakteristik media online yang memerlukan kecepatan (speed) lebih, dibanding media cetak. Di sinilah pentingnya PWO-IN berencana menggelar pendidikan dan latihan jurnalisme cyber 
       
Ke depan, teman-teman wartawan online juga akan mendapat saingan baru, dengan berkembangnya  apa yang disebut citizen journalism (jurnalisme warga). Citizen Journalism adalah aktivitas jurnalistik yang dilakukan oleh warga biasa (yang bukan wartawan). 
       
Jurnalisme warga ini mempunyai peran aktif dalam proses pengumpulan, pelaporan, analisis, dan penyebaran berita serta informasi. Tipe jurnalisme ini menjadi sebuah tren baru bagaimana warga bisa membuat dan menyebarkan informasi dalam bentuk teks, audio, komentar, dan analisis.       

Hal ini justru menjadi tantangan dan peluang, bahwa teman-teman wartawan media online, ke depan memiliki sparing partner, dalam merebut "pembaca".

Tapi, PWO-IN sudah menyiapkan berbagai strategi untuk mengembangkan berbagi peluang dalam dunia media cyber ini.


Sementara itu, Ketua PWO Magelang Raya, Arif Saefudin mengatakan peringatan HUT Ke-4 PWO-IN ini dilaksanakan secara sederhana. Menurutnya bukan kemeriahan yang diutamakan, namun makna dari peringatan itu sendiri.

“Peringatan kita laksanakan sekaligus dengan acara buka bersama. Mengingat bukan Ramadan dan suasana pandemi Covid-19, maka kita rayakan secara sederhana,” katanya.

Hadir dalam kesempatan itu para anggota PWO Magelang Raya dan beberapa pihak yang menjadi sahabat awak media. 

“Kesempatan ini kita gunakan juga untuk berkenalan dengan rekan dan anggota baru. Semoga momen ini dapat menjadi peringatan para wartawan untuk bekerja secara profesional dan independen,” harap Arif. (*)

Posting Komentar untuk "PWO-IN Rayakan HUT Ke-4, Plt Ketua Umum Aris Kuncoro: Mari Terus Semangat Berkarya"