Safari Ramadhan Di Kecamatan Atinggola, Nelson Pomalingo Ajak Jamaah Untuk Selalu Bersyukur

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo Safari Ramadhan dengan melaksanakan sholat tarweh di masjid baitutahim Desa Imana Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu (9/4/2022). 

Dalam sambutannya, Nelson Pomalingo mengajak seluruh jamaah untuk selalu bersyukur.

Bersyukur pertama, kata Nelson atas nikmat Ramadhan karena masih beroleh kesempatan berpuasa tahun ini. 

Lanjut Nelson, tidak semua orang bisa beribadah menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Karena, mungkin sudah ada yang tidak mempunya orang tua atau saudara lain bahkan oma opa sudah tiada. 

Karena itu, kita yang masih diberikan kesempatan pada bulan puasa ini patut besyukur.

"Anggaplah seakan -akan bahwa ini adalah puasa terakhir bagi kita. Mari kita manfaatkan dengan benar, sehingga patut selalu mensyukuri nikmat Ramadhan itu," ajak Nelson. 

Bersyukur kedua, pada bulan Ramadhan kali ini kita telah beroleh kelonggaran sholat berjamaah di masjid. Bayangkan kita tidak bisa ke masjid karena dua tahun lalu dilanda covid 19. 

"Patut bersyukur karena tahun ini bisa sholat taraweh dan ibadah lainnya di masjid," ungkap Nelson. 

Sehingga Nelson pun berharap salah satu benteng kita saat ini adalah mendorong vaksinasi minimal tiga kali. 

Mantan Rektor UMGO itu menambahkan, manusia diberikan kepercayaan sebagai khalifah. Khalifah itu bukan berarti menjadi Gubernur, Bupati bahkan walikota tapi khalifah disini sebagai umat Allah yang diberikan dua keunggulan. 

"Kita diberikan keunggulan mengatur dunia ini. Karena dua keunggulan manusia yakni otak atau akal dan hati."

"Akal manusia terus berkembang. Sejak lahir dan samapai sekarang akal manusia berkembang.Akal lebih berkaitan dengan berpikir. Dibandingkan dengan hewan punya otak tapi tidak berkembang," ujar Nelson. 

"Itulah keunggulan dan kelebihan manusia jadi khalifah karena punya otak berkembang," ujar Nelson lagi. 

Keunggulan berikut adalah hati. Keadaan hati manusia digambarkan dalam beberapa cara. Misalnya, hati yang tenteram, yakni lantaran orang itu beriman dan selalu mengingat Allah SWT. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram karena itu diturunkanlah agama kepada manusia. 

"Agama ini harus kita nikmati. Karena sejak kita lahir kita sudah bergama. Agama itu bukan urusan pak ustad tapi urusan kita semua untuk menjaganya dengan baik," pinta Nelson. 

Terakhir Nelson menyebut, Masjid adalah lambang, aura umat islam,  aura kita semua. Karena itu patut dikembangkan dengan cara memberikan bantuan pengembangan bangunan masjid.  

"Masjid bukan hanya dibangun namun juga digunakan sebaik-baiknya dalam setiap melaksanakan sholat lima waktu. Kegiatan di masjid bukan saja kegiatan keagamaan saja tapi juga dimakmurkan dari aspek pendidikan,kesehatan, ekonomi dan lain -lain. Kita berharap bukan saja masjid dimakmurkan tapi juga jamaahnya dimakmurkan,"tandasnya.

Pada kesempatan itu, sebagai ketua DMI Gorontalo Nelson menyerahkan bantuan pembangunan masjid juga menyerahkan buku - buku Khotbah. (Irf)

Posting Komentar untuk "Safari Ramadhan Di Kecamatan Atinggola, Nelson Pomalingo Ajak Jamaah Untuk Selalu Bersyukur"