BLK Lamongan Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

LAMONGAN (wartamerdeka.info) -Meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sekaligus mengurai tuna karya khususnya bagi generasi muda potensial, Pemkab Lamongan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Ketenagakerjaan memberikan pelatihan kepada masyarakat yang ingin memiliki keahlian. 

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi serta Kegiatan Pelatihan Berdasarkan Unit Kompetensi Tahun 2022 di Gedung BLK Lamongan, Rabu (15/6).

Di depan peserta, Bupati memberi motivasi kepada peserta pelatihan selalu semangat dalam mengikutinya kegiatan tersebut. “Semoga kegiatan ini memberi energi positif bagi para peserta pelatihan. Untuk itu harus digunakan sebaik-baiknya, sehingga ketika menjalani proses selanjutnya ilmu yang sudah didapat dapat diaplikasikan dengan baik dan dapat menjadi penopang kehidupan keluarga” tuturnya.

Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta memiliki bekal skill yang nantinya dapat dikembangkan untuk mencari pekerjaan maupun membuka usaha sendiri.

“Antusiasme peserta sangat besar bahkan mereka menaruh harapan besar setelah pelatihan ini. Untuk tenaga kerja muda harus memiliki semangat dan terus membekali diri dengan terus mengupgrade keterampilan-keterampilan baik secara mandiri maupun pelatihan-pelatihan seperti ini,” lanjutnya.

Antusiasme juga terlihat dari para peserta pelatihan, Arif Alamsyah misalnya, salah satu peserta program pendidikan Las SMAW 1G dari Desa Kemantren mengungkapkan motivasi untuk mendaftar program ini. 

“Saya antusias sekali dengan pelatihan ini karena punya passion disini. Dorongan tersebut yang membuat saya terus mengembangkan diri sesuai dengan passion saya dibidang las. Sehingga dengan pelatihan ini nanti bisa menambah kemampuan saya didunia kerja,” ucapnya.

Senada disampaikan Tutik dari program pelatihan tata boga yang ingin membuka usaha catering di rumahnya. 

“Melalui pelatihan ini saya pengen sekali bisa tata boga terutama membuat snack kue. Sejauh ini kalau ada acara pasti pesan, jadi dengan mengikuti kegiatan ini saya bisa membuka usaha sendiri,” ungkapnya.

Kepala Disnakertrans Lamongan, Agus Cahyono mengungkapkan, kegiatan yang bekerjasama dengan BLK Sidoarjo ini diikuti 64 peserta secara gratis yang terbagi dalam empat jenis kelas pelatihan.

“Program pendidikan dan pelatihan tahun ini membuka empat paket pelatihan meliputi, pelatihan prosessing/makanan, pelatihan teknik las listrik, pelatihan menjahit dan pelatihan tata rias dengan masing-masing kelas berisi 16 peserta yang berasal dari masyarakat Kabupaten Lamongan,” ujarnya.

Agus juga mengungkapkan, berbagai kegiatan dan pelatihan yang dilakukan Pemkab Lamongan, terbukti dapat mengurai angka pengangguran, hal ini dibuktikan dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kabupaten Lamongan mengalami penurunan sebesar 0,24 poin dari 5,1 persen pada tahun 2020 menjadi 4,90 persen pada tahun 2021. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama