Buka Sosialisasi Germas, Bu Dokter Hasnah: Konsumsi Jamu Tingkatkan Imunitas Tubuh

BARRU (wartamerdeka,info) -  Anggota DPR. RI Komisi IX Fraksi Nasdem, drg. Hj. Hasnah Syam MARS bersama Dirjen Falmarkes Kemenkes RI,  gelar Sosialisasi dan Edukasi Pembuatan dan Penggunaan  Jamu yang Aman, Bermutu dan Bermanfaat. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Aula PKG Kec. Pujananting, Ahad (12/6/2022).

Saat membuka sosialisasi, Anggota DPR RI, Hj. Hasnah Syam mengungkapkan rasa syukurnya karena  kegiatan sosialisasi ini dapat diselenggarakan dan berjalan aman dan lancar. Ini tentunya tidak terlepas dari  partisipasi kita semua untuk mendukung Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), 

Legislator Partai Nasdem itu mengapresiasi pihak Kemenkes selaku mitra kerja Komisi IX DPR. RI yang berkenan hadir dalam acara ini meski lokasinya jauh dibalik gunung dan pelosok pedalaman. 

Dikatakan, meski Pandemi COVID-19 sudah beransur redah dan situasi adaptasi kebiasaan baru menuju Endemi, namun sistem pertahanan tubuh tetap sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Upaya yang harus dilakukan katanya,  disamping penerapan Protokol Kesehatan, juga mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, salah satunya adalah jamu. 

"Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan edukasi kepada warga masyarakat bagaimana pembuatan dan penggunaan jamu yang aman, bermutu dan bermanfaat,"  sebut Hasnah Syam yang juga adalah Ketua TP. PKK Barru. 

Sementara itu,  Ketua Tim Kerja Seleksi Fotofarmaka dan Pembinaan Industri dan Usaha Obat Tradisional Dirjen Falmarkes Kemenkes RI, Dra. Ninik Hariyati, Apt.mengatakan Jamu merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. 

" Jamu berupa ramuan bahan tanaman obat yang mempunyai khasiat/manfaat bagi kesehatan dan telah digunakan secara turun menurun serta dikembangkan dari generasi ke generasi," terangnya. 

Saat ini lanjut dia, kecenderungan masyarakat untuk menggunakan obat tradisional berupa jamu perlu didukung dan dilestarikan mengingat jamu adalah produk bernilai tinggi dan menjadi kebanggan sebagai bagian dari identitas bangsa. 

Sebelumnya, Camat Pujananting, Abd. Rahman,  S. Pd. M. Pd menyambut baik kegiatan ini. Keberadaan ibu Dokter Hj. Hasnah Syam, baik selaku Ketua TP. PKK dan Anggota DPR. RI telah banyak memberi konstibusi dan kemajuan di Kecamatan Pujananting, salah satunya kegiatan yang kita laksanakan hari ini

"Sosialisasi yang dilaksanakan dan digagas Hj. Hasnah Syam selaku Anggota DPR. RI bersama Kementerian Kesehatan RI selaku mitra kerjanya,  akan memacu kecerdasan masyarakat, khususnya terkait Jamu yang aman, bermutu dan bermanfaat tentunya bermuara kepada kesehatan dan kualitas hidup masyarakat," sebut Camat sembari berharap, peserta  sosialisasi dapat mengimpementasikan di tengah masyarakat. 

Sosialisasi Germas yang turut dihadiri Ketua  DPRD Barru, Lukman T. Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel. Kepala Dinas Kesehatan Barru, dr. Amis Rifai. Kapus Pujanting, Diiikut 150 orang peserta yang terdiri Kader Pos Yandu dan pelaku usaha pembuatan jamu tradisional se kecamatan Pujananting. 

(syam) 

Posting Komentar untuk "Buka Sosialisasi Germas, Bu Dokter Hasnah: Konsumsi Jamu Tingkatkan Imunitas Tubuh"