Pertegas Batas Wilayah, Pemkab Lamongan Gandeng Perguruan Tinggi

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Batas kelurahan atau desa merupakan hal penting dan butuh diperjelas guna terciptanya tertib administrasi pemerintahan. Untuk mewujudkan tertib administrasi dan tersedianya peta batas wilayah kelurahan di Kabupaten Lamongan, Senin (13/6) Pemkab Lamongan melalui Sekretariat Daerah melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. 

Perjanjian ini guna penyusunan peta batas wilayah kelurahan di Kabupaten Lamongan.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, mengatakan momen penandatanganan perjanjian kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi ini merupakan momen penting, sebagaimana tema Hari Jadi Lamongan ke 453 tahun, yakni kolaborasi mewujudkan pembangunan inklusif. Dia mengatakan kolaborasi merupakan kunci keberhasilan bagi terwujudnya kejayaan Lamongan yang berkeadilan.

“Kolaborasi dengan perguruan tinggi ini tentu banyak hal yang bisa kita lakukan, banyak hal kita kerjakan, lebih-lebih hal-hal teknis yang bersifat teknis dan mengharuskan pihak perguruan tinggi untuk ikut turun tangan, maka Pemkab Lamongan tidak bisa sendirian dalam mewujudkan hal-hal tersebut,” ucap Pak Yes.

Hal-hal terkait aset pemerintahan seperti batas wilayah merupakan suatu hal yang krusial. Seperti kita ketahui, lanjut Pak Yes ketidakjelasan batas kelurahan atau desa ini selain dapat mempengaruhi tertib administrasi juga berpengaruh terhadap perencanaan pembangunan, kepastian hukum, penanganan permasalahan, serta penyebaran informasi.

“Kolaborasi terkait hal teknis ini sudah ditindaklanjuti dengan kerjasama dalam rangka batas kelurahan, yang ini memang satu hal yang sangat penting, karena persoalan aset ini merupakan persoalan krusial, sehingga kita harus bergandeng tangan dengan pihak kampus,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara Pemkab Lamongan dengan ITN Malang terkait pengembangan pendidikan dan teknologi melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Lamongan. Termasuk menandatangani kesepakatan bersama dengan Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (ITB AD) Lamongan tentang pembangunan daerah dan implementasi tridharma perguruan tinggi di Kabupaten Lamongan. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama