Dibuka Bupati Barru H. Suardi Saleh, Festival Muharram Berlangsung Semarak


BARRU (wartamerdeka.info) - Berbagai rangkaian kegiatan menyambut tahun baru Islam dilaksanakan di kabupaten Barru. Pada malam tahun tahun baru 1 Muharram misalnya dilaksanakan Bupati Barru menghadiri acara Dzikir dan Tablik Akbar serta pawai obor di Palanro Kecamatan Mallusetasi. 

Sementara tadi malam, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si., bersama Anggota DPR RI drg. Hj. Hasnah Syam, MARS., yang juga Ketua TP. PKK Barru, kembali membuka Festival Muharram tahun baru Islam 1444 H dengan tema "Jadikan Tahun Baru Hijriah Untuk Hijrah". 

Festival yang berlangsung semarak tersebut digelar di area Food Court Tosipulung, pelataran Pasar Mangkoso, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Sabtu malam (30/7/2022).

Kegiatan Festival ini adalah hasil kolaborasi 5 organisasi kepemudaan se Kecamatan Soppeng Riaja yaitu, Forum kajian mahasiswa Islam (Forkami), Komunitas Pendakwah Keren (KPK), ASD Entertainment, Komunitas Pemuda To Pabbiring dan Karang Taruna Kolektif Bakti Pertiwi Desa Ajakkang.

Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam peringatan ulang tahun, baik itu ulang tahun pribadi, ulang tahun daerah ataupun tahun baru Islam harus senantiasa introspeksi diri, atau muhasabah yaitu dengan mengingat apa yang telah dilakukan satu tahun yang lalu tentang apa yang sudah dicapai kemudian memperbaiki kekurangan-kekurangan dan meningkatkan apa yang perlu ditingkatkan.

"Sesuai dengan tema festival malam ini yaitu jadikan tahun baru hijriah untuk hijrah,  kita semua diajak untuk berubah dalam hal yang lebih positif. Sebagaimana yang kita lihat hijrah itu adalah momentum sebuah kebangkitan, awal dari sebuah kejayaan seperti halnya hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW," kata Bupati Barru.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Muharram Habib Al Farabi selaku ketua menyampaikan bahwa ada banyak macam lomba yang akan diselenggarakan dalam festival kali ini, diantaranya lomba pawai obor, akustik, nyanyi solo, pildacil, fashion show, dan qasidah. 

Dan siapapun bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini, dikarenakan kegiatan ini terbuka untuk umum, mulai dari taman kanak-kanak hingga orang dewasa (umum.)

"Pendaftaran untuk mengikuti lomba ini pun tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis," pungkasnya.

(Humas Barru/Syam)

Posting Komentar untuk "Dibuka Bupati Barru H. Suardi Saleh, Festival Muharram Berlangsung Semarak"