Rumah Bonsai Indonesia (RUBI) Makin Berlembang, Prof Zudan Minta Setiap Daerah Gelar Pameran 4 Kali Setahun

INDRAMAYU (wartamerdeka.info) - Berbeda dengan pohonnya yang tumbuh kerdil, organisasi Rumah Bonsai Indonesia (RUBI) kini makin membesar dan tumbuh subur dan di Tanah Air. 

Sesuai semboyannya: "Berkarya tanpa batas berkreasi tanpa henti", RUBI terus melebarkan pohon organisasi hingga kini memiliki 68 cabang kepengurusan di tingkat kota/kabupaten termasuk provinsi yang sudah resmi ber-SK, dan 4 lainnya sedang dalam proses.

"Ini tahun ke-5 sejak RUBI berdiri di tahun 2017. Maka tentunya kami harapkan cabang-cabang RUBI makin terus bertambah," kata Ketua Umum RUBI Prof. Zudan Arif Fakrulloh  saat membuka Diklat Calon Juri Rumah Bonsai Indonesia di Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (23/7/2022) malam. 

Diklat yang diikuti sebanyak 25 calon juri bonsai itu diselenggarakan oleh RUBI Cabang Indramayu pada 22-23 Juli 2022.

Para peserta diklat juri antara lain berasal dari Bekasi, Cilegon, Sukabumi, Sumedang, Indramayu, Kebumen, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Sidoarjo, Kediri, Situbondo, Banyuwangi, Kepri, Pontianak, Kotawaringin Barat, dan Palu.

Prof. Zudan menyambut gembira pesatnya pertumbuhan organisasi para penggemar bonsai ini.

"Sebagai hobi yang membahagiakan, RUBI hadir dan statusnya merupakan lembaga yang memiliki legalitas dan didukung banyak komunitas yang berkembang di berbagai daerah," kata Prof. Zudan yang juga menjabat Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Zudan menyampaikan bahwa ilmu itu harus diasah dan jangan untuk diri sendiri. 

"Kami meminta setiap daerah mengadakan pameran bonsai lokal hingga 4 kali dalam setahun. Meski itu diselenggarakan oleh komunitas lokal, kami harap para juri RUBI dapat hadir, imbaunya.

Zudan berharap pelatihan juri ini berdampak kegiatan berbonsai makin bertumbuh dan berkembang, termasuk pemberdayaan para pembudidaya. 

"Mereka para juri diharapkan menularkan ilmu yang didapat agar makin semarak dunia perbonsaian di Indonesia," sambung Prof. Zudan.  

Selain menggelar diklat juri, RUBI Cabang Kabupaten Indramayu juga menggelar Festival Bonsai Nasional (FBN) 2022. 

Festival bonsai skala nasional ini rencananya dibuka oleh Ketum RUBI, Prof. H. Zudan Arif Fakrulloh, dan dihadiri Bupati Indramayu, Nina Agustina serta unsur Forkopimda hari ini.

Perhelatan FBN 2022 dipusatkan di halaman GOR Singalodra Sindang sejak tanggal 19 hingga 28 Juli 2022 mendatang.

Ketua Panitia, Cahyanto mengatakan FBN atau pameran bonsai tingkat nasional baru pertama kali diadakan di Kota Mangga Indramayu. 

Ia tidak menampik, Indramayu sering menggelar pameran bonsai. "Namun kelasnya baru lokal hingga tingkat wilayah Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka (Ciayumajakuning) ditambah beberapa kabupaten/kota pendukung seperti Sumedang, Subang dan Bekasi," kata Cahyanto. (A)

Posting Komentar untuk "Rumah Bonsai Indonesia (RUBI) Makin Berlembang, Prof Zudan Minta Setiap Daerah Gelar Pameran 4 Kali Setahun"