Anggota DPR RI Hasnah Syam Bersama BBPOM Sosialisasi Obat Dan Makanan Aman Di Hadapan Pelaku UMKM

BARRU (wartamerdeka.info) -Anggota Komisi IX DPR RI drg. Hj. Hasnah Syam, MARS bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar menggelar sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi  Informasi dan Edukasi Obat dan Makanan dengan para pelaku UMKM. 

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Baruga Singkerru AdaE Rumah Jabatan Bupati Barru jalan Sultan Hasanuddin kelurahan Sumpang Binangae Barru, Kamis (15/9/2022).

Dalam sambutannya, Hasnah Syam yang akrab disapa Bu Dokter kembali mengingatkan, saat ini telah banyak beredar produk makanan dan kosmetik, baik yang memiliki izin edar atau yang tidak. Sehingga, pengetahuan tentang produk kosmetik yang memenuhi syarat menjadi sangat penting diketahui masyarakat.

Dirinya berharap kepada pelaku UKMK khususnya yang hadir dalam kegiatan ini untuk membantu menyebarluaskan informasi yang didapatkan. 

“Kami berharap, setelah sosialisasi ini pelaku UMKM dapat menyebarluaskan pengetahuan yang didapat, minimal untuk keluarga dan tentang perlunya pengetahuan terkait obat dan makanan yang aman, sehat dan halal," harap Hasnah Syam. 

Sementara itu, BBPOM Makassar yang diwakili  Ana Adriani, S. Si. Apt.  M. Si,  menjelaskan bahwa salah satu fungsi BBPOM pada dasarnya adalah untuk mencerdaskan masyarakat tentang penggunaan bahan berbahaya. Khusus memilih kosmetik, pihaknya menyarankan masyarakat untuk melakukan pengecekan KLIK.

Dijelaskan, KLIK atau Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluwarsa suatu produk harus menjadi perhatian masyarakat saat memutuskan menggunakan produk kosmetik.

"Silahkan diunduh aplikasi  BPOM Mobil untuk memastikan apakah obat dan makanan untuk memastikan apakah obat dan makanan terdaftar dan layak dikonsumsi," jelasnya. 

Sebelumnya,  Kepala Dinas Kesehatan Barru dr. Amis Rifai mewakili Pemerintah Kabupaten Barru menyampaikan terima kasih secara khusus kepada Anggota DPR. RI Komisi IX atas komitmennya untuk menghadirkan berbagai macam program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

(syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama