Buka Bimtek Penyusunan RPJMDes, Bupati Barru Ingatkan: Jangan Lakukan Pergantian Staf Desa Secara Sepihak


BARRU (wartamerdeka.info) - Bupati Barru H.Suardi Saleh  menegaskan, agar Kepala Desa tidak melakukan pergantian perangkat Desa secara sepihak. Hal itu ditegaskan Bupati Barru pada pembukaan Bimbingan Tehnis (Bimtek) Tim Penyusun RPJMDes di aula Bappelitbangda Barru, Selasa (14/3/2023).


Bupati mengatakan, Kepala Desa hendaknya menjalin  kerjasama dan bersinergi dengan perangkat desanya, Kepala Seksi/Kepala Urusan, Staf dan Kepala Dusun. 


" Kami harapkan saudara tidak melakukan pemberhentian atau pergantian perangkat desa secara sepihak karena itu melanggar regulasi yang ada sebagaimana telah diatur dalam peraturan perundang-undangan",tegasnya,


Dikatakan, mekanisme pergantian prangkat  desa secara tegas telah diatur dalam Undang-Undang  Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa pada pasal 48 tentang tentang perangkat desa.  Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 2014, Permendagri no. 67 tahun 2017 tentang mekanisme pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.


Selain itu dipertegas pula dengan  Peraturan Daerah Kab. Barru No 11 tahun 2016 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa dan Peraturan Bupati Barru Nomor 22 tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Peraturan Daerah Kab. barru Nomor 11 tahun 2016 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.


Diingatkan, Kepala Desa dan Badan Permusyawarata Desa (BPD) merupakan mitra, untuk itu saudara harus dapat membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di desa.


"Bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara mengingat tuntutan serta harapan masyarakat desa untuk peningkatan pelayanan serta kesejahteraan masyarakat ada pada saudara  hingga 6 tahun kedepan, diamanatkan sekaligus sangat tergantung pada kinerja saudara", tandas Bupati. 


Bintek tersebut selain diikuti Tim Penyusun RPJM Desa , Juga dihadiri 28 Kepala Desa hasil Pilkades yang telah dilantik Bupati Barru belum lama ini. 

(syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama