Berita Dengan Informasi... Samakah?



Oleh: Drs.  Sjahrir Tamsi, M.Pd.


(Kepala SMKN 1 Tapalang Barat)


Berita merupakan suatu keniscayaan, oleh karena berita adalah fakta atau ide, opini aktual yang menarik dan akurat serta dianggap penting bagi sebagian besar pembaca, pendengar, maupun penonton atau pemirsa.


Makna berita:


Kata “Berita”  berasal dari kata sangsekerta, vrit (ada atau terjadi) atau vritta (kejadian atau peristiwa). Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan, Berita adalah “laporan tercepat mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat”.Berita dalam bahasa Inggris disebut News. Dalam The Oxford Paperback Dictionary terbitan Oxford University Press (1979), news diartikan sebagai “informasi tentang peristiwa terbaru”. 


Secara umum, Berita dapat diartikan sebagai sekumpulan informasi yang sudah dikemas menjadi satu sedemikian rupa dan kemudian disebarluaskan oleh wartawan. 


Berita dapat juga diartikan sebagai hasil akhir dari proses pengklasifikasian yang sifatnya kompleks dan berfungsi untuk mengidentifikasikan suatu peristiwa dan isu ke dalam kelompok atau kategori tertentu.


Makna berita juga merupakan suatu laporan berita liputan teranyar / terbaru / terkini serta krusial tentang insiden modern yang disampaikan kepada masyarakat melalui banyak sekali media, seperti surat liputan, Televisi, radio, media online, dan banyak sekali media lainnya.


Berdasarkan uraian di atas maka secara komprehensif berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide teranyar atau terbaru yang benar, menarik atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media internet. 


Topik umum untuk laporan berita meliputi perang, pemerintah, politik, pendidikan (umum dan kejuruan), kesehatan, lingkungan, ekonomi, bisnis, mode, dan hiburan, serta acara atletik, acara unik atau tidak biasa. Proklamasi pemerintah, tentang upacara kerajaan, hukum, pajak, kesehatan masyarakat, dan kriminalitas, telah dijuluki berita sejak zaman kuno. 


Manusia menunjukkan keinginan yang hampir universal untuk belajar dan berbagi berita, yang mereka puaskan dengan berbicara satu sama lain dan berbagi informasi. 


Perkembangan teknologi dan sosial, sering kali didorong oleh komunikasi pemerintah dan jaringan spionase, telah meningkatkan kecepatan penyebaran berita, serta memengaruhi isinya. Genre berita seperti yang kita kenal sekarang berhubungan erat dengan surat kabar, yang berasal dari Cina sebagai buletin pengadilan dan menyebar, dengan kertas dan mesin cetak, ke Eropa.


Berita harus memenuhi unsur-unsur sebagai berikut :

5 W + 1 H atau ADIKSIMBA:

What, Apa yg terjadi dalam suatu peristiwa?

Where, Djmana insiden tadi terjadi?

When, Kapan insiden tersebut terjadi?

Who, SIapa yang terlibat dalam insiden tadi?

Why, Mengapa insiden tadi terjadi?

How, BAgaimana proses terjadinya insiden tersebut?


Berikut beberapa pengertian berita menurut para ahli:


1. Nasution: “Berita adalah laporan terkait peristiwa-peristiwa yang terjadi dan ingin diketahui secara umum, bersifat aktual, telah terjadi dalam lingkungan pembaca, berhubungan dengan tokoh terkemuka, dan akibat peristiwa tersebut bisa berpengaruh kepada pembaca”.

2. Djuraid: Berita merupakan suatu laporan ataupun pemberitahuan mengenai terjadinya peristiwa atau keadaan bersifat umum dan baru saja terjadi, yang disampaikan oleh wartawan media massa.

3. Jani Yosef:S ebagaimana melansir dari buku Jurnalistik Dasar: Jurus Jitu Menulis Berita, Feature, Biografi, Artikel Populer, dan Editorial (2021) karya Khoirul Muslimin, Jani Yosef mendefinisikan berita sebagai laporan terkini tentang fakta penting atau menarik bagi khalayak, yang disebarluaskan lewat media massa.

4. Hoeta Soehoet: Berita adalah keterangan mengenai peristiwa atau isi pernyataan manusia.

5. Doug Newson dan James A. Wollert: “Berita adalah apa saja yang ingin dan perlu diketahui orang atau lebih luas lagi oleh masyarakat”.


Makna Informasi :

Secara etimologi informasi berasal dari kata bahasa Perancis kuno informacion yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Dalam bahasa Inggris, “informasi” disebut information.


Secara umum, pengetian informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya.


Informasi adalah pesan atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang.


Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. 


Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda.


Informasi bisa dikatakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi.


Informasi telah digunakan untuk seluruh segi kehidupan manusia secara individual, kelompok maupun organisasi. 


Pada tingkat individu, informasi digunakan untuk pengetahuan tentang pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan maupun jenis produk atau jasa.


Kegunaan informasi ditentukan oleh tujuan pengguna, ketelitian pengolahan data, ruang dan waktu serta bentuk dan keadaan semantik.


Memahami berita dan informasi secara komprehensif, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut adalah:


1. Dean M. Lele Spencer:  Informasi adalah  fenomena atau ilham  yang benar dan dapat  menarik perhatian  sebagian besar  pembacanya.

2. Mickhel V. Charniey   (Romli, 2009:lima):   Info ialah laporan   tercepat dari suatu insiden atau insiden  yang faktual, penting, serta menarik bagi sebagian pembaca,  serta menyangkut  kepentingan mereka.

3. Willard C. Bleyer   (Romli, 2009:35): berita  artinya berita moder   yang pada pilih oleh  wartawan buat dimuat  dalam suatu media  sebagai akibatnya menarik minat bagi  pembaca.

4. William S Maulsby:  pengertian informasi   artinya suatu penuturan  secara benar serta tak  memihak dari warta  yang memiliki arti  krusial serta baru terjadi, yang dapat  menarik perhatian  pembaca surat  keterangan yang memuat isu tadi.

5. J.B. Wahyudi: arti informasi artinya  suatu laporan perihal insiden atau pendapat  yg memilki nilai penting,  menarik bagi sebagian  khalayak, masih baru,  serta dipublikasikan melalui media massa  periodik.

6. Amak Syarifuddin: berita artinya suatu  laporan peristiwa yang  disebabkan menjadi  bahan yang menarik  perhatian publik media massa.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama