Buka Sosialisasi Program Pelembagaan Genre, Bupati Barru Harap Duta Genre Jadi Edukator


BARRU (wartamerdeka.info) - Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh membuka acara Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga bersama Mitra Kerja melalui promosi dan pelembagaan genre sekaligus melantik Duta Genre se- Kabupaten Barru.


Acara yang dilaksanakan di Baruga Singkeru Ada'e, Kamis (16/03/2023) itu dihadiri Ketua PKK sekaligus Anggota Komisi IX drg.Hj Hasnah Syam, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel Andi Rita Mariani, M.Pd dan Kepala DPMDPPKBPPPA Jamaluddin ,S.Sos, MH, Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru Para Camat, Kepala Desa dan Lurah, Para Duta Genre se- Kabupaten Barru.


Mengawali sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih Ketua TP PKK Barru yang juga Anggota DPR RI Komisi IX. Hasnah Syam selain istri juga merupakan guru terhadap dirinya.


"Saya bersyukur karena memilki istri seperti Hasnah Syam yang selalu memotivasi dan saling  melengkapi," ucapnya.


Dirinya bangga berkat ketegasan Hasnah Syam, angka  stunting di Barru menurun. Dan kehadiran Menteri Kesehatan untuk membuktikan bahwa prevalensi penurunan angka stunting terendah di Sulsel karena ajakan Hasnah Syam selaku Anggota DPR RI Komisi IX.


Bupati mengatakan, berbagai program dan gerakan yang inovatif itu menarik perhatian Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Menkes pun mengunjungi Kabupaten Barru untuk meninjau program penurunan stunting.



"Saya mengucapkan selamat atas pelantikan Duta Genre Kabupaten Barru. Dia mengharapkan  yang dilantik untuk mengembang amanah sebagai duta genre Kabupaten Barru,"ucapnya


Disampaikan Suardi Saleh bahwa bukan hanya prestasinya tetapi tugas duta genre ini mengedukasi remaja untuk tidak melakukan pernikahan dini.


Sementara Anggota DPR. RI, Hj, Hasnah Syam mengatakan tujuan adanya Duta Genre ini adalah untuk mengemban tugas dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penundaan pernikahan dini, penyalahgunaan Napza dan  hubungan seks diluar nikah, kesehatan fisik dan reproduksi.


“Saya mengajak para remaja untuk mengatakan tidak pada pernikahan dini dan seks bebas karena dapat merusak masa depan generasi muda," harap Hasnah Syam.


Hasnah Syam yang juga adalah Bunda Forum Genre Barru menyebutkan bahwa  Duta Genre Barru, yaitu Puteri, yang telah berhasil meraih juara kedua Duta Genre tingkat Sulawesi Selatan.


Begitu pula kepada Duta Genre Putra yang berhasil masuk nominasi juara  yaitu Dedi Sasmita. 


"Terkait Stunting, Inovasi One Day One Egg dengan memberikan telur kepada 418 anak bawah usia dua tahun yang mengalami stunting,” ungkap Hasnah Syam yang menyebut kunjungan Menkes  karena inovasi ini


"Saya ucapkan terima apresiasi Bapak Bupati Barru dan seluruh pihak dan begitupulah Kepala perwakilan BKKBN Propinsi Provinsi.Sulsel Andi Rita Mariani,M.Pd kerjasama dalam sosialisasi ini," ujarnya.


Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Provinsi Sulsel Andi Rita Mariani,M.Pd dalam kesempatan itu, menyampaikan terima kasih kepada  Bupati Barru dan Ketua TP PKK drg.H.Hasnah Syam yang juga Anggota DPR RI Komisi IX.


Beberapa kabupaten sudah melakukan kegiatan seperti ini. Namun untuk Kabupaten Barru dihadiri Bupati dan Anggota DPR RI.


Hal ini membuktikan bahwa dukungan Pemerintah Daerah dan support Anggota DPR RI Komisi IX kepada Duta Genre yang menjadi salah satu ujung tombak penggerak  dalam menekan angka prevalensi stunting di Kabupaten Barru. Karena yang kita ketahui juga Kabupaten Barru saat ini diantara  24 Kabupaten di Sulsel yang terendag prevalensi stunting


Dia menjelaskan bahwa salah satu tugas utama Duta GenRe sendiri adalah berperan dalam upaya penurunan prevalensi stunting. Menurutnya, Duta GenRe bertugas untuk menjadi penggerak dan mensosialisasikan bagaimana cara menekan angka stunting ke standar angka nasional.

(Humas IKP/Syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama