Kementrian PUPR Kucurkan Dana Rp330 Juta Untuk Desa Tayem Kecamatan Karangpucung


CILACAP (wartamerdeka.info) - Sebanyak Rp 330 juta dari kementrian PUPR akan dikucurkan untuk Desa Tayem, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap. Anggaran tersebut dipergunakan untuk program SANIMAS (Sanitasi Masyarakat) pada tahun anggaran 2023.


Program ini nantinya diberikan kepada masyarakat untuk pembangunan WC dan Septic tank. Hal tersebut disampaikan oleh Kamsir Kepala Desa Tayem dalam kegiatan Sosialisasi Desa dan Kampanye PHBS Program SANIMAS Tahun 2023 di  Balai Desa Tayem Senin, 13 Maret 2023.


"Sebanyak 30 Kepala Keluarga dengan kriteria kurang mampu atau miskin yang nantinya mendapatkan program ini," jelasnya.


Setiap Kepala Keluarga, lanjutnya, mendapatkan 11 juta rupiah untuk pembangunan WC dan Septic tank. "Hanya saja mereka menerimanya dalam bentuk bangunan sudah jadi, bukan dalam bentuk uang. Tapi bangunannya tergantung kebutuhan dari masyarakat. Karena dengan alokasi anggaran yang ada tapi dengan kondisi dan jenis lokasi yang berbeda-beda," ujar Kamsir.


Sedangkan untuk pengerjaannya dilakukan oleh masyarakat Desa Tayem yang tergabung dalam KMP (Kelompok Masyarakat Penyelenggara).


Dengan adanya program ini, Kamsir mengucapakan terimakasih kepada Kementrian PUPR dan Novita Wijayanti DPR RI Dapil Banyumas-Cilacap yang mengalokasikan anggaran dalam aspirasinya.


"Dan pastinya masyarakat merasa sangat terbantu dan sangat menyambut baik program SANIMAS ini," pungkasnya.


Dijelaskan Efri Cahyono, TFL Pemberdayaan dari Kementrian PUPR untuk wilayah Kabupaten Cilacap, pelaksanaan akan dilakukan sekitar satu bulan lagi. 


"Insya Alloh program ini akan dilaksanakan setelah lebaran nanti. Menunggu SPK dengan KMP (Kelompok Masyarakat Penyelenggara) yang dulu disebut KSM," jelasnya.


Nantinya dana akan turun dua tahap. Tahap pertama 70 persen dan berikutnya 30 persen. Program ini hanya untuk enam desa di Kabupaten Cilacap.


"Desa Ujungmanik Kecamatan Kawunganten, Desa Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan, Desa Tegalreja Kecamatan Cilacap Selatan, Desa Doplang Kecamatan Adipala, Desa Tayem Kecamatan Karangpucung dan desa Pekuncen Kecamatan Kroya," tambahnya.(gus)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama