Memahami Berita Sebagai Kebutuhan


Oleh : Drs.  Sjahrir Tamsi, M.Pd.

 (Kepala SMKN 1 Tapalang Barat)


KADANG-KADANG,  bahkan hampir setiap hari secara rutin kita mendengar dan melihat, baik melalui televisi, koran maupun internet. Berita dengan berbagai informasi penting dari beragam topik. Berita melalui media massa menjadi salah satu cara masyarakat untuk mengikuti informasi yang terjadi saat ini.


Sebagai sebuah sumber informasi, berita yang disampaikan haruslah valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Membuat sebuah teks yang isinya berita, harus aktual dan faktual karena bukan merupakan karangan fantasi.


Berita dapat dikatakan baik jika mampu memenuhi apa yang disebut dalam bahasa Indonesia dengan :  “ADIKSIMBA”, yaitu dari Apa, DImana, Kapan, Siapa, Mengapa dan BAgaimana. Sebuah berita haruslah mengandung unsur yang dalam bahasa Inggris disebut :  5W+1H, yaitu What, Who, When, Why (4W) dan How (1H). 


Berita..., Apakah itu ?


Secara umum, Berita dapat diartikan sebagai sekumpulan informasi yang sudah dikemas menjadi satu sedemikian rupa dan kemudian disebarluaskan oleh wartawan. 


Berita juga adalah informasi aktual yang berisi fakta-fakta maupun opini-opini yang menarik perhatian banyak orang. Informasi berupa berita tersebut dibutuhkan sebagai bagian dari pengetahuan sosial, dan sebuah keniscayaan.


Berita dapat juga diartikan sebagai hasil akhir dari proses pengklasifikasian yang sifatnya kompleks dan berfungsi untuk mengidentifikasikan suatu peristiwa dan isu ke dalam kelompok atau kategori tertentu. Sehingga, dari beberapa uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak semua peristiwa yang terjadi di dalam masyarakat dapat dijadikan berita. 


Sumber berita haruslah sesuatu ataupun isu yang sifatnya fakta/ nyata dan diurutkan sesuai dengan topik tertentu.


Berita yang setiap saat terjadi melalui media massa tidak hanya terdiri dari satu topik saja, ada banyak permasalahan yang layak diangkat dan disebarkan kepada publik. Begitu juga dengan jenis berita yang disajikan untuk masyarakat, dibedakan menurut isi dan cara penyajiannya.


Berita dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu antara lain :


1) Berita Langsung.


Jenis yang pertama adalah berita langsung atau straight news, yaitu berita yang isinya berupa deskripsi singkat dari suatu peristiwa. Berita langsung disampaikan dengan lugas dan ringkas. Gaya penulisannya menggambarkan peristiwa yang sesungguhnya tanpa interpretasi. 


Penulis berita tidak perlu menambahkan penjelasan pada teks yang dibuatnya tersebut. iJenis Berita Langsung dibagi menjadi dua, yaitu berita hangat atau keras (hard) dan berita lembut atau ringan (soft). 


2) Berita Opini.


Sesuai namanya, berita ini berisi tentang opini atau pendapat, pernyataan maupun gagasan dari seseorang. Biasanya berita opini ini berisi pendapat dari ahli seperti cendekiawan, pejabat, sarjana dan profesi lainnya yang sesuai dengan topik.


3) Berita Interpretatif.


Berita jenis ini adalah berita yang dikembangkan dengan penilain ataupun komentar wartawan dan narasumber yang dianggap kompeten atas suatu berita yang telah muncul sebelumnya. 


Berita interpretatif dibuat berdasarkan fakta-fakta yang ada yang digabungkan dengan hasil interpretasi dari para ahli tersebut.


4) Berita Mendalam.


Yaitu berita yang disajikan secara mendalam, berawal dari informasi yang belum lengkap kemudian dilakukan proses pendalaman. Adapun proses pendalaman tersebut dilakukan melalui pencarian informasi tambahan dari berita-berita yang terkait dan juga narasumber yang kompeten.


5) Berita Penjelasan.


Berita ini berisi tentang penjelasan mengenai suatu permasalahan. Isi berita berupa penguraian sebuah fakta secara lengkap yang disertai dengan data yang valid. Berita jenis ini biasanya relatif panjang, sehingga seringkali dituliskan dalam beberapa seri.


6) Berita penyelidikan. Berisi informasi yang didapatkan dan dikembangkan berdasarkan pada suatu penelitian atau penyelidikan. Penelitian dan penyelidikan tersebut dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber yang relevan. Wartawan langsung terjun ke lapangan dan melakukan wawancara.


Berita sangat banyak jumlahnya dengan beragam topik dan cara penyajian. Karena bukan merupakan sebuah cerita fantasi, maka cara membuat Berita yang benar haruslah berdasarkan pada masalah yang aktual dan faktual.


Untuk lebih mudah dipahami, silahkan simak beberapa "Contoh Berita" berikut ini : 


1. Kolaborasi dengan PUSKESMAS, SMKN 1 Tapalang Barat  Selenggarakan Pembinaan Dokter  Kecil / Kader Kesehatan  Remaja


Redaksi Senin, Maret 06, 2023, Maret 06, 2023 WIB

MAMUJU (wartamerdeka.info) - Kolaborasi dengan PUSKESMAS Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, SMKN 1 Tapalang Barat menyelenggarakan Pembinaan Dokter Kecil / Kader Kesehatan Remaja, Senin (6 Maret 2023), di salah satu ruangan "SURAU", yang selama ini  dipakai untuk pengajian dan Pembinaan Keagamaan pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) di sekolah.


Kepala SMKN 1 Tapalang Barat,  Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. pada kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti Peserta Didik Kelas X dan XI yang dipilih gurunya untuk kemudian diharapkan : 


1) Bisa melaksanakan dan menularkan sebagian Usaha Pelayanan Kesehatan pada Diri Sendiri, Keluarga di rumah dan dilingkungan tetangga serta Teman di Sekolahnya juga kepada teman pada sekolah lainnya.

2) Bisa segera membentuk wadah dan pengurus organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler (UKS dan KKR) di sekolah.

3) Peserta Didik yang telah mengikuti kegiatan yang positif ini diharapkan responship untuk memfasilitasi, bahkan menjemput bila mendengar dan mengetahui ada warga "Stunting" di lingkungan sekitarnya dan atau tetangganya untuk segera diajak datang bersekolah di SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. 


Sjahrir Tamsi mengatakan, dirinya merasa senang dan bahagia menyambut kegiatan seperti ini diselenggarakan di sekolahnya dan berharap ke depan agar Kolaborasi ini bisa dilanjutkan secara berkala dan tetap membangun koordinasi dalam bentuk kegiatan yang lain untuk warga sekolah khususnya dan warga masyarakat Kecamatan Tapalang Barat pada umumnya.


Dari Manajemen PUSKESMAS Kecamatan Tapalang Barat hadir di sekolah sekaligus sebagai Narasumber antara lain :

1. St. Alfiah:  Materi,

     Kesehatan   Reproduksi

2. Santi: Materi, UKS dan

     PHBS

3. dr. Rini: Materi, P3K

4. Husain: Moderator.


Kegiatan ini didampingi oleh Wakasek Hubungan Kerja Sama IDUKA dan PPD, Safri Th, S.Pd., bersama Pembina OSIS, Jusran Yasin, S.Kom. Juga hadir sejumlah guru dan Staf sekolah.


Kepala SMKN 1 Tapalang Barat mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga kepada semua pihak, terkhusus kepada Manajemen PUSKESMAS Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi. Oleh karena kegiatan ini berlangsung dengan lancar, tertib, aman dan Sukses.

(Sjahrir Tamsi)


2. Bupati Polman H. Andi Ibrahim Masdar  Membuka Seminar  Kebudayaan.


Redaksi, Rabu, Maret 08, 2023, Maret 08, 2023 WIB

POLMAN (wartamerdeka.info) - Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Jago) menggelar Seminar Kebudayaan, mengusung tema: Mewujudkan Kebudayaan Sebagai Penguatan Pemajuan Kebudayaan Polewali Mandar, pada Rabu 8 Maret 2023, bertempat di Lt. II Ruang Pola Kantor Bupati Polman. 


Seminar ini resmi dibuka Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar. 


Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa Konsensus para Pejuang Pembentukan Provinsi Sulawesi Barat sepakat menetapkan Kabupaten Polewali Mandar sebagai Pusat Kebudayaan dalam wilayah daerah otonom Sulawesi Mandar. 


Dengan demikian maka sejatinya mulai dari Bupati sampai kepada seluruh warga masyarakat Polewali Mandar menanamkan dan memanifestasikan dalam pola pikir dan Pola perilakunya sehari-hari Budaya yang baik dan patut diteladani sebagaimana yang telah dipraktikkan pada masa lampau oleh Para Paduka Yang Mulia Raja-Raja dan para Yang Mulia Tomakaka beserta Perangkatnya di tanah Mandar ini.


H. Andi Ibrahim Masdar, merasa senang, bangga dan mengapresiasi kepada para Raja, Tomakaka dan seluruh Perangkatnya yang hadir memenuhi undangan dalam Seminar Kebudayaan ini.


Terutama kepada Paduka Yang Mulia Raja Arajang Binuang, Dr. Andi Afrasing Lamattulada, SH, MH beserta seluruh Yang Mulia Tomakaka dan Perangkatnya dan Paduka Yang Mulia Raja Arruang Batu, Andi Ilham Hambali beserta seluruh Yang Mulia Tomakaka dan Perangkatnya hadir untuk membahas tentang Budaya dan Kebudayaan yang diseminarkan pada hari ini, Rabu 8 Maret 2023. 


Nampak pula hadir Prof. Dr. Sukaji mewakili Rektor UNASMAN Polman. Ketua Lembaga Adat Arajang Balanipa, M. Najib Abdullah Madjid, juga Dewan Adat Ulubate Arajang Binuang, Alim Utoyo bersama Pa'bicara Bulang, Andi Muh. Ilyas Paloncongi, juga Tomakaka Dara Indo Banua dari Cappa Bate Arajang Binuang, Nu'mang Bin H. Abd. Rasyid Cau.


Perlu diketahui, bahwa kegiatan Seminar Kebudayaan ini murni digagas oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar,  Andi Masri Masdar, S.Sos. M.Si. bersama Kepala Bidangnya yakni Bidang Kebudayaan, Ibu Marendeng, S.Pd.


Bupati menegaskan bahwa sesungguhnya pemerintahan sekarang ini adalah lanjutan dari apa yang telah dilakukan oleh pemerintahan jaman dahulu yang berbentuk Kerajaan. Oleh karena itu, dirinya mengapresiasi Para Paduka Yang Mulia Raja dan Tomakaka yang ada sekarang ini.  Perlu diperkuat dan menjadikannya sebagai mitra Pemerintah, Pemprov dan Pemerintah Kota/Kabupaten, khususnya Polewali Mandar.


Ada yang menarik dan  mendapat perhatian pada acara pembukaan Seminar Kebudayaan ini, yaitu tampilnya Pembaca Doa yang tiada lain adalah Tomakaka Jambu, Anak Banua Cappa Bate dari Arajang Binuang, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. yang juga ASN/PNS masih aktif selaku Kepala SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. 


Seluruh Undangan, Peserta, dan Panitia dalam acara Seminar Kebudayaan itu terpukau mendengar Pembacaan Doanya (Sjahrir Tamsi), bahkan Bupati, Andi Ibrahim Masdar disela-sela sambutannya memberikan apresiasi, berterima kasih dengan mengatakan bahwa Doa seperti inilah yang benar, karena isi doanya betul-betul menyentuh hati, menggugah perasaan kita semua dan sangat aktual,  bahkan mendoakan keselamatan kita semua, termasuk Bupati, Peserta, dan seluruh warga masyarakat Polewali Mandar tanpa kecuali. 


Dan tak ketinggalan kegiatan Seminar Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar "Jago" juga turut didoakan agar berjalan lancar, tertib dan aman, serta membuahkan hasil rumusan yang membahagiakan untuk seluruh Warga Masyarakat Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. 


Apa tah lagi doanya ditutup dengan mengutip beberapa ayat terakhir dalam Al-Qur'an, Surat Al-Baqarah, bahkan disempurnakan dengan ungkapan yang Berbahasa Inggris "May Peace Abide in Our Heart".

(Sjahrir Tamsi)


3. Rembuk Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2023, Sukses

 http://www.wartamerdeka.info/2023/03/rembuk-pendidikan-dan-kebudayaan-daerah.html


4. Ada 20 Tokoh Dan Lembaga Dari Berbagai Bidang Terima Anugerah WARTAMERDEKA.INFO AWARD 

http://www.wartamerdeka.info/2023/02/20-tokoh-dan-lembaga-dari-berbagai.html


5. Mengenal Tokoh Penerima WARTAMERDEKA.INFO AWARD 2023: Sjahrir Tamsi, Kepala SMK Negeri 1 Tapalang Barat Yang Sarat Prestasi

 http://www.wartamerdeka.info/2023/02/mengenal-tokoh-penerima.html


(*)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama