Pramuka, Media Wujudkan Generasi Emas 2045


LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Tantangan Pramuka adalah fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang saat ini semakin mengkhawatirkan bagi kalangan anak-anak lebih menatap layar handphone dari pada berinteraksi dan bersosialisasi.

Hal ini ditegaskan, (Ketua Majlis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Gerakan Pramuka Lamongan Yuhronur Efendi, saat memimpin pelaksanaan kegiatan Ulang Janji dan Tasyakuran Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023 pada Minggu (13/8) malam

"Terlebih Lamongan berbeda dengan kabupaten tetangga yang memiliki sumberdaya alam melimpah, sehingga hal yang harus diunggulkan Lamongan adalah dari sisi sumberdaya manusia yang berkualitas," kata Yuhronur Efendi.

Pada kesempatan itu Yuhronur, yang juga Bupati  Lamongan, menjelaskan Ia sudah berupaya untuk terus melakukan investasi SDM yang membuahkan hasil, terlihat dari angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lamongan yang tinggi diatas rata-rata provinsi dan nasional.

Sumberdaya alam suatu saat bisa habis, namun sumberdaya manusia akan terus berkembang, terlebih beberapa tahun lagi akan memasuki Indonesia Emas 2045 yang harus di penuhi dengan generasi-generasi muda yang unggul, mempunyai modal psikis dan mental yang prima. "Untuk itu, pramuka adalah salah satu media, alat untuk mewujudkannya," kata Bupati Yuhronur.


Tidak hanya itu, momen ulang janji ini juga diharapkan Pak Yes bukan hanya dimaknai sebagai sebuah rutinitas yang dilakukan di tiap malam Peringatan Hari Pramuka, namun lebih dari itu dimaknai sebagai pengingat untuk memperkuat diri guna lebih peka terhadap hal-hal baik yang harus terus dilakukan. Selain itu, Pak Yes juga mengajak untuk terus mengajarkan anak menghargai sebuah proses dalam memperoleh suatu hasil.

"Apa yang dilakukan Pramuka mengandung nilai yang besar, mengajarkan pada anak-anak kita untuk mengetahui proses dalam mendapatkan hasil, ditengah semua yang serba praktis," imbuh Pak Yes.

Ketua Kwartir Cabang Lamongan Moh. Nalikan, Peringatan Ke-62 Tahun Lahirnya Gerakan Pramuka dan 111 Tahun Masuknya Pendidikan Kepramukaan ke Bumi Indonesia ini mengambil tema 'Terwujudnya Sumberdaya yang Profesional dan Proporsional'. Beberapa kegiatan telah dilakukan Gerakan Pramuka Lamongan untuk mendukung visi Lamongan, diantaranya dengan memberikan bantuan biaya pembelajaran sekolah terdampak banjir hingga melaksanakan kursus pembinaan Pramuka.

"Dalam rangkaian Peringatan Hari Pramuka dan Bulan Bhakti Pramuka ini kami juga melaksanakan beberapa kegiatan, mulai dari Ulang Janji Pramuka dan Tasyakuran, Apel Besar Hari Pramuka dan Gelar Kolone Tongkat, Pelantikan 178 Pramuka Penegak Garuda, 384 Pramuka Penggalang Garuda, 1.287 Pramuka Siaga Garuda, serta beberapa kegiatan lain yang dilaksanakan Kwartir Ranting. Saat ini juga 34 anggota Pramuka Penegak dan Pandega Lamongan sedang mengikuti Raimuna Nasional di Cibubur dan ananda Nauval Raditya Baihaqi terpilih sebagai petugas pada upacara pembukaan dan Peringatan Hari Pramuka pada kegiatan tersebut," lapor Moh. Nalikan. (Tim)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama