Kirap Pawai Budaya Mengisi Agenda Bersih Desa dan Hari Kermerdekaan


Karnaval bersih desa sekaligus memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesa ke 78 Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang berlangsung meriah.

Acara menggelar Kirap Pawai Budaya disaksikan masyarakat Desa Sukomulyo, yang antusias hingga memadati rute arak arakan sepanjang jalan desa sukomulyo pada minggu (13/8/2023).

Salah seorang peserta karnival menerangkan, acara ini merupakan tradisi tahunan. masarakat Desa Sukomulyo untuk memperingati bersih desa dan hari Kemerdekan Repubik Indonesa ke 78.


Kepada Desa, Saeful Anwar, ST, mengatakan tidak sekedar karnival budaya, tetapi juga bersih desa yang tujuannya memohon doa kepada Tuhan yang Maha Esa agar diberikan keselamatan dan keberkahan bagi Desa Sukomulyo.

"Leluhur kami mengajarkan demikian untuk membersihkan desa dari bala, musibah.sampai sekarang gelar bersih desa ini masih dan menjadi bagian dari budaya di sini," ujar Kepala Desa.


Saeful menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, menjadi bukti persatuan dan kebersamaan masarakat, rukun dan semakin kuat, mengapresiasi bersih desa yang setiap tahunnya semakin meningkat

Acara kali ini ada peningkatan, dan saya berharap tahun depan bisa lebih meriah dan luas," ujarnya.

Pada kesempatan tiu, Kades berharap masyarakat tidak sekedar melestarikan tradisi leluhur, tapi juga kembali mengingat nasehat- nasehat para leluhur. Ada banyak nasehat para leluhur yang harus tetap di pelajari dan di amalkan dalam kehidupan sehari-hari. (Hari)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama