Proyek Pengerjaan Puskesmas Pembantu di Karangpucung Abaikan Keselamatan Pekerja


CILACAP (wartamerdeka.info) - Salah satu gedung Puskesmas Pembantu (Pustu) UPTD Puskesmas Karangpucung I sedang dilakukan perbaikan. Geduh tersebut terletak di Desa Tayem Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. 

Dana yang diserap untuk rehabilitasi gedung Pustu Desa Tayem ini berasal dari APBD Kabupaten Cilacap anggaran tahun 2023. Nilai yang dikucurkan sejumlah Rp. 172.723.000 (seratus tujuh puluh dua ribu tujuh ratus dua puluh tiga ribu rupiah).

Pekerjaan yang dilakukan dengan penunjukan langsung ini dikerjakan oleh CV. GERALD PUTRA PERKASA dengan jangka waktu 90 hari kalender terhitung dari tanggal 4 Juli 2023.

Jenis pekerjaan rehabilitasi Pustu Tayem UPTD Puskesmas Karangpucung I ini meliputi; Pekerjaan persiapan, pekerjaan galian tanah dan pondasi, pekerjaan struktur beton, pekerjaan dinding, pekerjaan atap, pekerjaan lantai dan pelapisan dinding, pekerjaan pengecatan, pekerjaan mekanikal, pekerjaan sanitasi, dan pekerjaan lain-lain.

Dalam syarat-syarat pekerjaan yang tertera pada LPSE Kabupaten Cilacap, setiap pekerja diwajibkan menggunakan sepatu pada waktu bekerja dan di lokasi harus disediakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa safety belt, safety helmet, masker/kedok las terutama untuk dipakai pada pekerjaan pemasangan kuda-kuda baja dan pekerjaan yang beresiko tertimpa benda keras. 

Penjelasan tersebut tertera pada Pasal 02 Syarat-syarat pelaksanaan pekerja pada ketentuan Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.

Tapi yang terlihat dilokasi pekerjaan, kontraktor pelaksana pekerjaan tidak mematuhi apa yang menjadi ketentuan yang dikeluarkan oleh Pemkab Cilacap melalui Dinas Kesehatan. Para pekerja tidak menggunakan helm keamanan, sepatu pengaman dan alat keselamatan kerja lainnya. Padahal waktu dimulainya pengerjaan sudah terhitung lama, lebih dari lima hari.

Dikonfirmasi melalui sambungan WhatsApp pada Rabu (23/8/2023) mengenai hal tersebut Kepala Bidang Sumber Daya Kesehtan (SDK) Hudaefah mengatakan akan dikoordinasikan kepada pihak terkait."Besok saya koordinasikan, sekarang saya lagi ada acara di jogja," jelasnya. (Agus).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama