Perbaikan Jalan Surusunda-Bengbulang Menelan Biaya Hampir Satu Milyar


CILACAP (wartamerdeka.info) - Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) mengucurkan dana untuk perbaikan jalan kabupaten yang kegiatannya bernama Peningkatan jalan kabupaten Desa Surusunda - Desa Bengbulang.

Namun tidak semua ruas jalan dilakukan perbaikan, hanya ditentukan pada titik tertentu. Kegiatan peningkatan jalan ruas Desa Surusunda sampai Desa Bengbulang tersebut ditengahnya melewati Desa Ciruyung. Perbaikan jalan ditempatkan pada prioritas ruas jalan yang dianggap lebih membutuhkan.

Dengan anggaran hampir satu miliyar atau Rp.917.435.000 (sembilan ratus tujuh belas juta empat ratus tiga puluh lima ribu rupiah) ini hanya ditempatkan pada dua titik ruas perbaikan dengan menggunakan aspal hotmix. 

Diantaranya Dusun Pengasinan Desa Ciruyung dan ruas jalan Dusun Bengbulang Desa Bengbulang Kecamatan Karangpucung.

Ketika dikonfirmasi kepada Dinas PUPR Cilacap UPTD Majenang melalui Petugas Penilik Jalan Saryono mengatakan, kegiatan pengaspalan hotmix di bagi dua dengan ukuran panjang perbaikan relatif sama. "Hanya ukuran lebarnya saja yang berbeda," jelas Saryono ketika ditemui di lokasi pekerjaan, Rabu,(23/8/2023).

Berdasarkan RAB, lanjut Saryono, untuk perbaikan ruas jalan di Desa Ciruyung sama dengan Desa Bengbulang, yaitu menggunakan pengaspalan hotmix. Ukuran yang ditetapkan dengan panjang 599 meter dan lebar jalan 3 meter. Untuk ketebalan hotmix mencapai 6 cm.

"Disana hotmix digelar manual dengan memanfaatkan tenaga manusia. Alat tidak bisa sampai ke lokasi. Hal itu dilakukan karena faktor medan jalan yang tidak memungkinkan membawa alat berat Asphalt Finisher," jelasnya.

Meskipun pekerjaan molor, dari tanggal SPK yang ditentukan yaitu 5 Juni 2023, namun pekerjaan lelang yang dimenangkan CV. Cahaya Lintang Persada, sampai saat ini dapat menyelesaikan pengaspalan di titik ruas Desa Ciruyung.

"Untuk perbaikan ruas jalan yang berada di Desa Bengbulang hari ini sedang melakukan pengiriman matrial untuk pemadatan jalan sebelum dilakukan pengaspalan hotmix," jelas Saryono.

Untuk panjang pengaspalan hotmix di Desa Bengbulang mencapai panjang 500 meter dengan lebar 3,5 meter. Untuk ketebalan sama dengan pengaspalan hotmix di Desa Ciruyung setebal 6 cm.

Pemadatan lapis bawah jalan sebelum dilakukan pengaspalan hotmix dengan panjang 500 meter, diperkirakan mencapai tujuh hari. "Untuk menggelar aspal hotmix hanya membutuhkan waktu dua hari atau bahkan satu hari kalau pengerjaan sampai malam hari," terang Saryono.

Pengerjaan pengaspalan hotmix di Desa Bengbulang menggunakan alat berat Asphalt Finisher, sehingga nantinya tidak mengganggu pengguna jalan. 

"Setelah dilakukan penggelaran aspal hotmix menggunakan alat berat tersebut, hotmix langsung kering," jelasnya.

Diharapkan nantinya semua pengerjaan dapat selesai sesuai tanggal kontrak sampai dengan 6 September 2023 dengan total pengerjaan dari tanggal SPK selama 90 hari kerja. (Agus)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama