Agen Pesiar Desa Semuli Jaya Semangat Laksanakan Tugas PESIAR


LAMPUNG UTARA (wartamerdeka.info) - Agen Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR) Desa Semuli Jaya turut menyaksikan peluncuran program PESIAR oleh Baadan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan secara online di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi.

Program yang dihadirkan untuk mengakselerasi proses rekrutmen peserta dan meningkatkan keterlibatan aktif dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), melibatkan perangkat daerah setempat guna mencapai target minimal 98% penduduk sebagai peserta JKN.

Kepala Desa Semuli Jaya, Leni Kusmilani yang turut hadir dalam kegiatan mengungkapkan dirinya berharap Program PESIAR dapat berjalan lancar dan membawa kemudahan pada masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan.

"Desa Semuli Jaya merupakan desa percontohan Program PESIAR yang dipilih Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (PDTT). Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi terkait pelaksanaan Program PESIAR ini telah dilaksanakan pada tanggal  09 Juni 2023 yang lalu,” jelas Leni.

Desa Semuli Jaya, lanjutnya, memiliki 7 Agen Pesiar yang terdiri dari 6 orang perwakilan dari masing-masing dusun dan 1 orang Operator SIKS-NG Desa. Selain Desa Semuli Jaya, terdapat 125 desa lainnya yang menjalankan pilot project Program PESIAR yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Program PESIAR dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN yang menginstruksikan kepada 30 kementerian/lembaga termasuk bupati/walikota untuk mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangannya masing-masing. 

Kementerian Desa dan PDTT juga telah menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 8 Tahun 2022 yang menginstruksikan penggunaan Dana Desa untuk kegiatan advokasi, sosialisasi, dan edukasi terkait Program JKN di masyarakat desa.

“Saya ucapkan terima kasih atas terpilihnya Desa Semuli Jaya menjadi desa pilot project Program PESIAR. Melalui Agen Pesiar, kami berkomitmen untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat desa,” lanjut Leni.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Wahyu Santoso menjelaskan bahwa Agen PESIAR yang ditunjuk oleh Pemerintah Desa tersebut bertugas untuk melakukan pemetaan data penduduk di desa tertentu, penyisiran wilayah berdasarkan hasil pemetaan, serta melaksanakan kegiatan advokasi dan sosialisasi yang melibatkan aparat desa. 

“Setelah itu Agen PESIAR akan mendaftarkan penduduk yang telah diadvokasi menjadi Peserta JKN dan memastikan peserta melakukan pembayaran iuran pertama. Karena Agen PESIAR mendapatkan hak akses user aplikasi PESIAR dari BPJS Kesehatan, maka Agen Pesiar yang ditunjuk harus bertanggung jawab terhadap penggunaan user tersebut dan wajib menjaga kerahasiaan data yang berkaitan dengan data calon peserta yang diterima dari BPJS Kesehatan,” tegas Wahyu.

Salah satu Agen PESIAR, Afriana Amy mengucapkan selamat atas peluncuran Program PESIAR yang dilaksanakan di Jombang tersebut. Sebagai agen, ia berkomitmen untuk mengemban amanah yang ditugaskan padanya demi tercapainya UHC di Desa Semuli Jaya.

“Tentu saja akan ada tantangan dan hambatan selama menjalankan tugas sebagai Agen PESIAR di lapangan nanti. Tapi saya tetap optimis bahwa dengan dukungan dari seluruh pihak terkait maka kami selaku Agen PESIAR akan dapat mengatasi permasalahan yang ada dan bisa menjalankan tugas dengan baik. Menyaksikan acara launching Program PESIAR tadi walaupun secara online membuat kami lebih bersemangat dan saya yakin seluruh Agen PESIAR di seluruh Indonesia akan melaksanakan tugas dan kewajibannya sebaik-baiknya dalam mendorong percepatan capaian UHC demi memberikan perlindungan kesehatan seluruh penduduk di tingkat desa". (Yoke)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama