Ketua Komisi IV DPRD, Hatta Kainang Rencana Sambangi SMKN 1 Tapalang Barat

Wakil Ketua Komisi IV DPRD, Hatta Kainang Berencana Sambangi SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi, dalam waktu dekat ini. SMK OK, Modern untuk Masa Depan Cemerlang. Modern Sekolahnya, Modern Peralatannya. SMK yang menyenangkan dengan menjadikan sekolahnya sebagai fasilitas pelayanan yang menyenangkan untuk semua.
    Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang melayani dengan hati dan membangun komunikasi yang menyenangkan bagi peserta didiknya. Suasana pembelajaran atau praktik di sekolah yang menyenangkan bagi peserta didiknya. Sekolah yan mampu menumbuhkan rasa memiliki (sense of belonging) para peserta didik terhadap sekolahnya agar senang datang, penuh integritas, dalam rangka Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sesuai dengan Implementasi KurikulumMerdeka (IKM).
    Hatta Kainang mengingatkan bahwa betapa urgensinya sebagai warga negara Indonesia untuk mengenyam pendidikan. Berhubung negara dan atau pemerintah menjamin dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada warganya untuk memperoleh pendidikan yang layak sebagaimana diatur dalam Pasal 31 Ayat 1 UUD 1945 bahwa “Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Barat, Hatta Kainang mengapresiasi kinerja Kepala SMKN 1 Tapalang Barat, yang senantiasa proaktif membangun komunikasi menyejukkan hati dengan semua Stakeholder atau Mitra Kerjanya (IDUKA), dan sukses :
 
1. Kolaborasi dengan Camat Tapalang Barat dan Kepala Desa Pasa'bu yang juga adalah Ketua Komite Sekolah.
    Sjahrir Tamsi telah fasilitasi 6 orang Anak Tidak Sekolah (ATS) untuk Kembali Bersekolah. Juga dengan Kompetensi yang dimilikinya, sebagai Kepala Sekolah dan juga seorang Jurnalis serta Tokoh Pendidikan, yang cerdas dan selalu setia mempublish setiap karya dan kegiatan Sekolahnya melalui Media, hal yang patut ditiru oleh Kepala Sekolah lainnya.
2. Kolaborasi Kolaborasi Kemenag/KUA, Husain, S.Ag. SMKN 1 Tapalang Barat Gelar Bimbingan Pernikahan Remaja Usia Sekolah dan Calon Pengantin Baru.
Kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan sebagaimana tahun 2022 lalu dilaksanakan di Masjid Hubbul Watan. Kali ini dilaksanakan Kamis, 31 Agustus 2023 di SMKN 1 Tapalang Barat. Kegiatan yang dilaksanakan secara bersamaan dalam 2 (dua) sesi. Sesi 1 dengan topik "Bimbingan Pranikah bagi Calon Pasangan Pengantin" diikuti sebanyak 50 orang pasangan calon pengantin baru. Sesi 2 dengan topik "Bimbingan Pranikah Remaja Usia Sekolah" diikuti sebanyak 200 orang Peserta Didik dibagi dalam 6 Ruangan Kelas Belajar dengan menghadirkan 6 orang Narasumber. 

1. Kepala Kemenag. Kab. Mamuju. Drs. H. Mahmudin, M.Si.
2. Kasi Bimas Islam, H. USMAN, S.Ag. M.Si.
3. Kepala KUA, Husain, S.Ag.
4. Kepala PUSKESMAS Tapalang Barat, Mustadiarto. S.Kep. Ns.
5. Bidan Koordibator (BIKOR) PUSKEMAS Tapalang Barat, St. Alfiah.
6. Penyuluh KB, Kesrawati, S.Ag.

    Kepala SMKN 1 Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. mengingatkan kepada para peserta didik dan remaja pada umumnya yang masih usia sekolah, termasuk kepada Guru dan Staf selaku orang tua yang punya anak remaja : agar "JANGAN" ada yang menikah di bawah usia yang disyaratkan peraturan perundang-undangan atau di usia dini (remaja), karena amat banyak dampak negatif yang ditimbulkan, antara lain :

1) Sering terjadi KDRT 
2) Rentan terjadi Perceraian;
3) Rentan terjadi kematian ibu dan anak saat melahirkan;
4) Eksploitasi anak untuk bekerja sebelum usia dewasa;
5) Terjadi gejala-gejala STRES bagi suami dan istri;
6) Terjadi gejala gangguan kesehatan;
7) Kecenderungan istri yang menggugat cerai Suami. Dan setumpuk permasalahan yang mungkin saja kedepan dapat terjadi. 
8) Mencegah timbulnya anak yang mengalami Stunting. Dan setumpuk permasalahan yang mungkin saja kedepan dapat terjadi.
 
3. Kolaborasi dengan Kepala PUSKESMAS, Mustadiarto. S.Kep. Ns., SMKN 1 Tapalang Barat menyelenggarakan Pembinaan Dokter Kecil / Kader Kesehatan Remaja, Senin (6 Maret 2023), Kegiatannya diikuti Peserta Didik Kelas X dan XI yang dipilih gurunya untuk kemudian diharapkan : 
1) Bisa melaksanakan dan menularkan sebagian Usaha Pelayanan Kesehatan pada Diri Sendiri, Keluarga di rumah dan dilingkungan tetangga serta Teman di Sekolahnya juga kepada teman pada sekolah lainnya.
2) Bisa menjadi wadah organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler (UKS dan KKR) di sekolah.
3) Peserta Didik yang telah mengikuti kegiatan yang positif ini sangat responship untuk memfasilitasi bila mendengar dan mengetahui ada warga "Stunting" di lingkungan sekitarnya dan atau tetangganya untuk segera melakukan penanganan dini.
    Itulah sebabnya sehingga dirinya merasa penasaran dan berencana menyambangi sekolah ini untuk melihat kondisi riil yang ada. Termasuk ingin mengenal lebih dekat dengan figur Kepalah Sekolah, Sjahrir Tamsi yang Kreatif dan inovatif bahkan sebagai Tokoh Pendidik yang penuh Inovasi dalam rangka memajukan Dunia Pendidikan Kejuruan sebagaimana AWARD yang pernah diterimanya di Jakarta beberapa waktu lalu. Sala satu diantara 20 orang Tokoh Nasional yang menerima AWARD dalam kategori berbeda.
    Hatta Kainang juga mendengar bahwa Sjahrir Tamsi sebagai Kepala SMKN 1 Tapalang Barat satu-satunya peserta apel pagi mendapat apresiasi langsung dari Pj. Gubernur, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, SH. MH. via zoom meeting pada apel pagi hari Senin beberapa waktu lalu. 
Sjahrir Tamsi juga figur yang mampu dan tanggap atau responship serta aktif dalam menjabarkankan Program Strategis Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Barat, yakni Program yang Fokus pada prioritas penanganan 4 Masalah + 1 Pengendalian Inflasi yaitu :
1. Kemiskinan Ekstrim
2. Stunting
3. PORTAL-ATS 
4. Kawin Muda (Pernikahan 
di usia Dini/Remaja), dan
5. Pengendalian Inflasi. 
    Kepala SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. dihubungi, membenarkan bahwa Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Barat yang membidangi Pendidikan, Hatta Kainang berencana menyambangi sekolahnya. 
Dikatakannya, hal ini merupakan momentum yang sangat berharga dan sejarahpun mencatatnya, sebab Hatta Kainang, layak dan patut diperhitungkan sebagai Wakil Rakyat, yang selalu konsen dan peduli terhadap pemajuan mutu pendidikan Sulawesi Barat, representatif dan mewakili kaum Milenial, Energik dan masih relatif Muda. 
    Semoga kehadirannya bisa memberikan pencerahan kepada warga Kecamatan Tapalang Barat pada umumnya dan khususnya warga SMKN 1 Tapalang Barat, dan juga sekaligus Sosialisasi perihal 3 (tiga) tugas pokok dan fungsinya yaitu Legislasi, Controlling dan Bugeting. 
Adapun warga sekolah ini yang siap menyambut kehadiran wakil rakyat dari Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Barat, Yang Terhormat Hatta Kainang, yaitu dengan rincian sebagai berikut : 
    Kepala Sekolah, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd., didampingi Wakasek 1 Bidang Perencanaan Pendidikan (Kurikukum), Parlan, S.Pd. Calon Guru Penggerak (CGP). Wakasek 2 Bidang Pembinaan Peserta Didik, Jusran Yasin, S.Kom. Wakasek 3 Bidang HUMAS dan SARPRAS, Sarifuddin, S Pd.I. Wakasek 4 Bidang Kemitraan IDUKA, Safri Tahir, S.Pd. Calon Guru Penggerak (CGP).
Pendidik/Guru, ASN/PNS sebanyak : 12 orang, Guru ASN/ PPPK sebanyak 3 orang dan
GTT sebanyak : 17 orang; serta Tenaga Kependidikan/Staf Pegawai (PTT) sebanyak : 11 orang. 
Peserta Didik sebanyak lebih kurang : 250 orang juga siap menyambutnya.
Termasuk Ketua Komite Sekolah yang juga adalah Kepala Desa Pasa'bu, Jalaluddin Jadil, S.Ag. juga siap menyambut sang wakil rakyat.
    Perlu diketahui bahwa, Hatta Kainang, memohon Doa Restu dari seluruh lapisan masyarakat untuk maju sebagai Calon Senator atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Dapil Sulawesi Barat 2024. 
Wabilkhusus, Dirinya memohon Doa Restu dari para Paduka Yang Mulia (Mara'dia/Mara'dika/Tomakaka) dan para Yang Mulia Pemangku/Dewan Adat dari Kerajaan eks wilayah Afdeling Mandar yakni Raja-Raja dari Pitu Ulunna Salu (PUS) dan Raja-Raja dari Pitu Ba'bana Binanga (PBB) serta seluruh keluarga Besar Yang Mulia Tomaka dan Yang Mulia Tomalaqbita di Sulawesi Barat. 
    Diapun berjanji, bila warga masyarakat Sulawesi Barat merestuinya dan seluruh relawan yang ada di enam Kabupaten (Polewali Mandar, Majene, Mamuju, Mamuju Tengah, Pasangkayu, dan Mamasa) mulai dari Paku hingga Suremana bekerja serius untuk mensosialisasikan dirinya. Maka, niscaya enam kabupaten akan kami sisir dengan target : in sya Allah empat kursi DPD RI, duduk salah satunya Hatta Kainang,” tandasnya. 
    Ia menarget, atas amanah rakyat berbagai alokasi dana fiskal dapat tersalurkan ke Sulbar, baik itu Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Bagi Hasil (DBH).
“Optimis, in sya Allah kita akan memperjuangkan daerah karena DPD adalah lembaga yang membawa perjuangan daerah. Ketika diberikan kesempatan kita mengaktualkan daya saing Provinsi Sulawesi Barat yang Malaqbi ini untuk kemandirian fiskal,” ujarnya.

W. Masykar


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama