Bupati Barru: Sukses Pemilu Tanggung Jawab Bersama


BARRU (wartamerdeka.info) - Bupati Ir. H. Suardi Saleh M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Operasi "Mantap Brata 2023-2024" dalam Rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024, di Aula Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Barru, Senin (09/10/2024).

Dalam kesempatan itu, Suardi Saleh menyampaikan apresiasi kepada Kapolres Barru dan jajaran atas pelaksanaan kegiatan ini sebagai wujud kesiapan dalam mengahadapi pemilu dan pemilihan serentak 2024.

"Kita sudah cukup berpengalaman dan memiliki bekal dalam melaksanakan Pemilu, namun tidak berarti kita tidak mempersiapkan segala sesuatunya. Kita tetap harus memperhitungkan kemungkinan terjelek dan untuk itu kita tetap harus siap siaga dan mempersiapkan segalanya," kata Bupati. 

Bupati Barru juga menyatakan, dalam waktu dekat akan dilaksanakan Rakor Nasional bersama semua Muspida Provinsi dan Kabupaten guna menyatukan persepsi terkait kesiapan menghadapi Pemilu 2024.

Lanjut Bupati, Pelaksanaan Pemilu 2024 harus diikuti dengan kesiapan dan kerja sama semua pihak yang terkait, karena tanggung jawab semua pihak, terkhusus kepada pelaksana dan peserta Pemilu dan paling penting dari Partai Politik.


"Saya yakin peran partai politik sangat besar sekali dalam membantu kelancaran dan keamanan Pemilu. Untuk itu, kita semua  perlu menyatukan persepsi agar bagaimana memantapkan sinergitas dan dukungan semua pihak. Alhamdulillah kita semua hadir disini kita pasti sepakat Pemilu aman," ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati berharap, untuk selalu sharing informasi dan saling mengingatkan. Apalagi dengan kemajuan teknologi segalanya mudah untuk membuat berita atau informasi hoax. Bukan hanya berita bohong, kadang berita juga dipenggal sesuai dengan kebutuhannya, jadi harus hati-hati dan harus cepat diantisipasi.

"Tetap saling koordinasi, sinkronisasi, apa lagi kepada pimpinan Partai Politik kepada Calegnya untuk menyampaikan bahwa tujuan Pemilu kita tidak lagi bersaing tapi kita hanya berlomba lomba berbuat kebaikan, sehingga berharap caranya juga dengan yang baik dalam menarik simpati masyarakat, karena masyarakat juga sudah cerdas dalam memilih Calegnya", harap Bupati

Dikatakan, Sukses Pemilu tidak hanya tanggung jawab leading sektor tetapi tanggung jawab semua. Bupati Barru menekankan kepada Para Camat, terkait atensi dan penekanan Kapolres Barru, agar segera melakukan pendekatan dan koordinasi kepada Lurah, Desa dan tokoh Masyarakat, Caleg dan Pimpinan Parpol untuk Pemilu 2024 yang aman, jujur dan adil.

"Dengan sinergitas seluruh elemen dan kolaborasi lintas sektor diantaranya penyelenggara negara yaitu TNI, Poiri, Pemerintah Daerah, KPU, Bawaslu dan Institusi/Lembaga yang terlibat lainnya, akan menjadi kunci sukses terselenggaranya pesta demokrasi Akbar ini," tutup Bupati Barru.

Sebelumnya Kapolres Barru, AKBP Dodik Susianto,S.IK., mengatakan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan yang sudah dilaksanakan di Makassar. Kegiatan dengan sandi operasi Mantap Brata 2023-2024 dilaksanakan selama 222 hari (74 hari di tahun 2023 dan 148 di tahun 2024).

Menurut Kapolres,  tujuan Rakor Lintas Sektoral adalah Pemkab, TNI, Polri dan Instansi terkait agar menyatukan persepsi, mantapkan sinergitas, sharing informasi, koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan bersinergi agar tercipta Pemilu 2024 yang kondusif, aman, damai dan jujur.

Dalam Kesempatan tersebut, Kapolres Barru memamparkan data TPS, DPT dan kekuatan persoinil yang dilibatkan dengan rincian 7 Kecamatan, 55 Desa / Kelurahan, 542 TPS, Personil Polri  yang diturunkan 197, DPT (66.981+72.251 : 139.232 pemilih).

Rilis Humas IKP menyampaikan, Kapolres Barru mengatakan bahwa terkait Deklarasi Damai akan dilaksanakan pada saat gelar pasukan. Dalam paparannya Kapolres Barru menyebutkan Penerapan Pola Pengamanan TPS sbb :

a.    Kurang Rawan 539 TPS dengan pola pengamanan 1 Polri, 2/3 TPS dan 4/6 Linmas ; Personil yang        dilibatkan Polri 197 orang dan Linmas 1.078 orang.
b.    Rawan 3 TPS (Lapas Kelas IIB Barru, Pulau Pannikiang dan Pulau Putianging) dengan Pola 1 Polri        1 TPS dan 2 Linmas ; Personil yang dilibatkan Polri 3 orang dan Linmas 6 orang.

Kapolres Barru juga menyebutkan Atensi dan Penekanan sbb :

a.    Penyelenggara Pemilu menjadi wasit yang netral dan benar.
b.    Anggota Polri & TNI agar Netral  
c.    Antisipasi dan siap menghadapi akan isu hoax dalam Pemilu serta antisipasi adanya konflik.
d.    Kesiapan aparat penyelenggara Pemilu 
e.    Kita wujudkan Pemilu damai di Barru sehingga barru aman dan indonesia maju.
f.    Para Kapolsek jajaran dan personel agar tetap lakukan pendekatan terhadap tokoh parpol dan                  pendukung Pemilu.
g.    Bersinergi dengan rekan-rekan media dan wartawan dalam hal antisipasi hoax serta himbauan-              himbauan Kamtibmas.
h.    Laksanakan himbauan-himbauan baik melalui Medsos dan Masjid dalam rangka Pemilu dan                   Pilkada 2024 serta personel Polres Barru wajib menjadi cooling system.
i.    Terjalinnya sinergi dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat.
j.    Melaksanakan koordinasi yang baik dan berjenjang. 
k.    Agar selalu bangun sinergitas dari mulai tingkat atas hingga bawah.
l.    Mari kita jaga Barru ini agar selalu aman, damai sampai masyarakat tentram dan sejahtera.

"Saya yakin dengan bantuan TNI,  Pemda dan stake hokder lainnya akan sangat membantu kelancaran dan keamanan Pemilu 2024", harap Kapolres.

Hadir pada acara ini, Perwira Penghubung Kodim 1405 Parepare, Kasi Intel Kejari Barru, Komisioner KPU Barru, Sejumlah Pimpinan OPD Kasatpol PP, Kadis Kesehatan, Kadis Perhubungan, Ketua Bawaslu, para Danramil, Kapolsek dan Camat, Para Ketua /Pengurus Parpol, Undangan lainnya. (Syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama