Dukcapil Kabupaten Mamuju Gelar "DGS" di SMKN 1 Tapalang Barat


MAMUJU (wartamerdeka.info) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat kembali menggelar program Dukcapil Grebek Sekolah (DGS) yang merupakan unggulan berupa perekaman KTP El (elektronik) di UPTD SMKN 1 Tapalang Barat, Senin (30/10/2023).

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Mamuju, Agung Pattola Mustar Lazim, S.IP, menjelaskan, program Dinas DGS rutin setiap tahun dilaksanakan, dan tahun ini di sejumlah SMA, SMK dan MA di Kabupaten Mamuju.

"Pogram ini kami laksanakan setiap tahun, kini kita laksanakan lagi," ujarnya saat acara di UPTD SMKN 1 Tapalang Barat, atau yang dikenal SMK OKE, dengan Jargon "Sekolah Modern Untuk Masa Depan Cemerlang". 

Dirinya menjelaskan, layanan DGS di sekolah hanya berfokus pada layanan perekaman KTP-el dan tidak untuk Adminduk yang lainnya. “Targetnya adalah para peserta didik yang memasuki usia 17 tahun, mereka akan direkam seluruh data biometriknya mulai dari foto, sidik jari, retina mata dan tanda tangan. Selanjutnya akan diproses di Kantor Dinas Dukcapil Mamuju untuk kemudian dilakukan pencetakan KTP-elnya,” terang Agung Pattola.


Agung Pattola juga mengajak seluruh sekolah-sekolah menengah tingkat atas baik itu negeri maupun swasta untuk mengikuti program DGS. 

Dijelaskan, pihaknya telah mengordinasikan dengan mengirim surat ke Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Barat tentang permohonan perekaman KTP-el bagi peserta didik SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Mamuju, kemudian secara bergantian Dinas Dukcapil Mamuju akan mendatangi atau "grebek" sekolah-sekolah tersebut sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Lebih lanjut dikatakan, program DGS untuk semua sekolah jenjang SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Mamuju, dan pihaknya mengajak seluruh sekolah menengah tingkat atas agar berpartisipasi dalam program DGS, dan  diharapkan kerja sama para kepala sekolah untuk berperan menyampaikan program ini kepada peserta didiknya yang telah memasuki usia 17 tahun.

Berikut ini merupakan prosedur kegiatan perekaman KTP-el, yang dilakukan di sekolah menengah tingkat atas berdasarkan paparan Kabid Dafduk, H. Abd. Halik, SH yaitu sebagai berikut :

1. Pihak Sekolah terkait, memfasilitasi peserta didiknya dan Dinas Dukcapil Mamuju untuk melakukan Perekaman KTP-el di sekolah sesuai jadwal. Senin, 30 Oktober 2023 di UPTD SMKN 1 Tapalang Barat ini.

2. Dinas Dukcapil Mamuju melakukan kegiatan Perekaman KTP-el secara berurutan. 

3. Perekaman KTP-el "DGS akan dilaksanakan setiap hari sekolah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Hadir pada kegiatan DGS, selain Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Mamuju, Agung Pattola Mustar Lazim, S.IP., juga Kabid Dafduk, H. Abd. Halik, SH., Kepala Seksi, Hj. Masrawati., dan Hilal, serta Operator Ari Kurniadi.

Kepala UPTD SMKN 1 Tapalang Barat,  Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. didampingi Wakasek 2, Bidang Pembinaan Peserta Didik, Jusran Yasin, S.Kom. Wakasek 3 HUMAS dan Sarpras, Sarifuddin, S.Pd.I. M.Pd.I. Wakasek 4, Bidang Hubungan Kerja Sama IDUKA, Safri Th, S.Pd., serta Guru-guru dan Staf TU. Sejumlah Peserta didik kelas XI dan Kelas XII usia 17 tahun. (W. Masykar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama