Santri Berperan Penting Membangun Bangsa dan Negara


MALANG (wartamerdeka.info) - Desa Madiredo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang menggelar Pawai memperingngati Hari Santri Nasional 2023 yang bertajuk "Jihad Santri Jayakan Negeri" di sepanjang jalan Desa Madiredo, Minggu (22/10/2023).

Kepala Desa (Kades) Mahfud beserta perangkatnya dan para Kiyai se Desa Madiredo hadir pada acara yang  berlangsung Khidmat itu.

Mahfud menyampaikan pesan, mengajak Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Desa Madiredo untuk ikut mendukung Program Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan bermoral milik pemerintah Desa Madiredo.

Dengan begitu, lanjut Kades, Ponpes juga dapat ikut mencetak santri-santri unggulan.


Sementara itu, tema "Jihad Santri Jayakan Negeri" mencerminkan semangat, dedikasi dan kontribusi besar santri dalam membawa kemajuan dan kebaikan bagi negara Indonesia. 

"Jihad santri bukanlah jihad dalam arti konflik bersenjata, melainkan jihad dalam arti berjuang untuk memajukan bangsa ini melalui pendidikan dan pengabdian kepada agama dan masyarakat," ujar Mahfud

Mahfud menilai, santri memiliki peran besar dalam kehidupan sosial. Hal ini karena santri tidak hanya belajar ilmu agama dan moralitas, tetapi juga ilmu pengetahuan umun. Dengan bekal yang dimiliki para santri, Kades Mahfud berkeyakinan mereka dapat menjadi agen perubahan selanjutnya.


"Santri adalah garda terdepan dalam menjaga nilai- nilai luhur, toleransi, dan persatuan mereka mempraktikan nilai-nilai agama dengan integritas dan kesungguhan serta menjadi contoh bagi kita semua. Mereka adalah pemimpin masa depan yang akan membawa negara ini ke arah yang lebih baik," tambahnya.

Melalui peran jihad santri, kata Mahfud, negara dapat mencapai berbagai tujuan mulia termasuk membangun SDM unggul. Selain itu, lanjut Mahfud, santri juga bisa turun langsung untuk mempromosikan toleransi dan keharmonisan. Apalagi santri juga memahami nilai-nilai toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

"Mereka (santri) juga memerangi ketidakadilan dan kemiskinan. Jihad santri melibatkan usaha untuk memerangi ketidakadilan sosial dan kemanusian yang  mereka terapkan," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Mahfud, Hari Santri Nasional merupakan momentum yang tetap untuk menghargai dan merayakan kontribusi santri dalam memajukan bangsa ini. Kades Mahfud mengajak semua pihak untuk berkomitmen mendukung dan mendorong para santri dalam berjuang. "Mari kita bergandengan tangan untuk membangun negeri yang lebih maju, adil dan sejahtera," imbuhnya. (Hari)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama