Beragam Komentar, Apresiasi Dan Kritik Terhadap Langkah Pj. Gubernur Sulbar

 "Sebuah Berita Yang Inspiratif."

                         Oleh : Sjahrir Tamsi

Berita adalah sekumpulan informasi yang dikemas menjadi satu dan disebarluaskan oleh wartawan melalui media massa. Awalnya, teks berita bisa ditemukan pada surat kabar, majalah dan tabloid melalui cetak.
Namun kini, teks berita bisa ditemukan pada situs media online hanya dengan menggunakan Hand Phone (HP).
Pengertian Berita
Dikutip dari buku Jurnalistik Teori dan Praktik karya Kusumaningrat, pengertian berita adalah informasi aktual tentang fakta-fakta dan berbagai opini yang menarik perhatian orang. Berbagai informasi tentunya akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat setiap harinya, entah untuk mengikuti perkembangan atau sebagai sebuah pengetahuan baru.
Sementara itu, istilah “inspiratif” lebih sering digunakan pada sosok orang. Artinya, penggunaan istilah ini lebih merujuk pada seseorang secara nyata yang biasanya memberikan energi positif, baik pada hasil karya, wibawa, cara pandang, maupun caranya berbicara.
Sebuah Berita yang tayang beberapa hari lalu berjudul :
"Angka Kemiskinan Di Sulbar Turun Drastis 2023".
Adapun intisarinya berikut ini :
Pj. Gubernur Sulbar, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, SH., MH., “Kemiskinan ekstrem bisa kita tangani dengan cara memberikan subsidi, seperti program keluarga harapan, pasar murah dan bantuan pusat provinsi kabupaten sampai tingkat desa,”.
Pj. Gubernur menambahkan, untuk menangani lapangan kerja yang kurang, pemerintah bisa memperbanyak program padat karya. Karena menurutnya program yang bersifat padat karya itu dapat memberi tambahan penghasilan kepada masyarakat.
“Jadi program-program dari kabupaten dan provinsi dibuat padat karya, itu salah satu cara untuk menyelesaikan kemiskinan,” jelas Prof Zudan.
Namun, menurut Sekretaris Utama BNPP itu, untuk jangka panjang masyarakat harus mencari pekerjaan yang tetap di lahan pertanian, ladang, perikanan dan industri. Karena, ketiga sektor diatas merupakan penunjang utama perekonomian di Sulbar.
“Masyarakat harus bisa membiasakan bekerja bercocok tanam, mencari ikan, atau bertambak, dan lain sebagainya".
Berita tersebut di atas, mendapat respon positif berupa komentar yang beragam dari para pembaca setia berita itu, beberapa menit kemudian setelah tayang / dimuat media online, wartamerdeka.info.
Beberapa Komentar para sahabat pembaca setia berita itu (mohon maaf bila masih ada nama yang belum diakomodir), ternyata cukup banyak yang memberi apresiasi menyejukkan dan menyenangkan hati, begitu juga kritik/saran yang tajam dan konstruktif sehingga menjadi urgen untuk ditayangkan pada media online Wartamerdeka.info ini.
Oleh karena itu, Penulis menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang tiada terhingga kepadanya yang sempat memberi komentar antara lain sebagai berikut :
1. Yohannis Buntulangi : "Ini baru namanya PJ yg miliki kwalitas yg mumpuni...tdk sm PJ lain gayana ji...😂🙏".
2.  Ikram Ram : "Klau pasar murah tawwa TDK berefek kurangi kemiskinan.😆👏👏.
Klau kurangi beban belanja dalam satu Minggu boleh 😆😆👏."
3. Andi Cahaya A. Cetak : "Itulah yg kita harapkan, agar di sulbar ini tidak ada  lagi angka kemiskinan. Alhamdulillah pj. Gubernur Sulbar  bisa di tangani dengan cara  memberikan subsidi dan bantuan. 👍👍👍🙏🙏."
4. Tanpa nama, 6079 : "Pemimpin yang punya inovasi, dia tau apa yang harus dilakukan sesuai kondisi masyarakatnya. Kalau ke depan pemimpin Sulbar seperti ini bukan tidak mgkn kita bisa sejajar dgn daerah lain.
Semoga jari2 selanjutnya akan ada kebijakan yg strategis lagi utk kepentingan Sulbar kedepan."
5. H. Andi Taufan H.A. Depu : "Kebijakan tsb berpotensi melahirkan jiwa "pengemis"... Mestinya ada cara lain yg lebih memberdayakan dan menghasilkan karena keringat sendiri ...
Tumbuhkan kemandirian
Bukan mengajari mengharap tanpa berkeringat...
Intervensi yg keseringan khawatirnya melahirkan jiwa "pengemis" ketimbang jiwa mandiri ..."
Selanjutnya, Penulis juga apresiasi dan tak lupa menghaturkan terima kasih yang tiada terhingga kepada yang sempat memberi tanda like dan love/hati serta yang hanya sempat mengintip/membacanya. (**)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama