Bupati Baru Tanda Tangani NPHD Bersama KPU Dan Bawaslu

BARRU, wartamerdeka, info, - Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si mengatakan, Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)  merupakan bukti dukungan Pemkab Barru terhadap pelaksanaan Pilkada. Karena, tanggung jawab pelaksanaan Pilkada bukan hanya kewajiban KPU dan Bawaslu tapi merupakan tanggungjawab bersama. 

Bupati mengemukakan hal itu saat melakukan penandatanganan  NPHD bersama Dandim 1405/Parepare. Kapolres Barru, Ketua KPUD dan Ketua Bawaslu diruang rapat dilantai 5 Menara Kantor Bupati Barru, Kamis 9/11/2023.

Naskah Perjanjian Hibah Daerah tersebut ditandatangani Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh. M. Si. Kapolres Barru AKBP. Dodik Susianto, S. IK. Dandim 1405/Parepare Letkol Inf. Hastiar Hatta. S. IP. Ketua KPU Abd. Syafah, S. Kom, Ketua Bawaslu diwakili Koordinator Hukum, Pencegahan dan Partisipasi Mastan, S.Pd.I

Bupati Suardi mengatakan, dengan ditandatanganinya NPHD ini merupakan komitmen dan keseriusan Pemkab Barru dalam mewujudkan pelaksanaan Pilkada sehingga dapat diselenggarakan sesuai dengan tahapan yang ditetapkan oleh KPU. 

"Kami berharap sinergitas antara Pemkab dan penyelenggara Pemilu dan Pilkada tetap terpelihara dengan baik, sehingga semua tahapan Pilkada berjalan lancar, mudah mudahan anggaran yang disiapkan dapat membantu agar lebih lancar termasuk kebutuhan logistiknya", harap Bupati.

Lebih lanjut dia menjelaskan, porsi bantuan untuk Pilkada sudah dianggarkan melalui APBD, baik untuk KPU maupun Bawaslu Kabupaten Barru. Tentunya,  Pilkada diharapkan terlaksana sesuai tahapannya agar tercipta iklim demokratis yang kondusif.

Dana Hibah yang telah dianggarkan dalam APBD 2023 dan ABPD 2024 sebenar Rp. 28.770.500.200. Dana hibah untuk KPU sebesar Rp. 15.660.113.000. Dana hibah kepada Bawaslu sebesar Rp. 5.067.536.80O. Sedangkan untuk  Polres sebesar Rp. 6.219.364.400 dan dana hibah kepada Kodim 1405/Parepare sebesar Rp. 1.823.486.000.

"Anggaran tersebut akan di gunakan sesuai dengan perjanjian naskah hibah daerah yang sudah dicantumkan di antaranya untuk kegiatan sosialisasi pengawasan, pendidikan pemilih pemula, dan edukasi lain baik untuk masyarakat maupun stakeholder", jelasnya. 

Dirinya berharap Pilkada dan Pemilu Tahun 2024 terselenggara dengan baik serta kerjasama,  sinergitas dan kolaborasi seluruh elemen untuk menyukseskan Pilkada dan Pemilu yang bersih, jujur dan adil dapat terjalin dengan baik. 

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Barru Lukman T,  Kajari diwakili Kasi Intel Ahmad Syauki, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Barru diwakili Abbas Lahamid, SH, Kaban  Kesbangpol Drs. Anshar Tahir, Kaban PKAD Abu Bakar, S.Sos, M. Si, Inspektur Daerah Abd. Rahim, S.STP, MSi. Asisten II. A. Ratnawati. Asisten III drh. H. Ma'ruf SKH. Kadis Dukcapil Drs. Nasaruddin M. Si. Kadis PKSDM Syamsir S.IP.M. Si. (syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama