Desa Madiredo Adakan Tradisi "Dawuhan"

 
Malang, wartamerdeka.info, Selain tradisi "Dangiran" di Dusun Delik, desa Madirejo juga memiliki tradisi "Dawuhan". Desa Madiredo kecamatan Pujon, kabupaten Malang ini setiap tahun tidak melupakan menyelenggarakan tradisi Dawuhan ini.

Tradisi Dawuhan adalah kebiasaan lama yang sudah turun temurun dilakukan oleh warga Desa Madiredo. Tradisi Dawuhan adalah ritual untuk keselamatan air irigasi.
Pemdes desa Madirejo beserta seluruh warga desa tumplek bleg hadir di upacara Dawuhan, Jumat (1/12). 

Dimulai dengan kerja bhakti bersama, bersih bersih lingkungan, tahapan ritual kemudian menyembelih ayam untuk di larung di sepanjang air irigasi. 

Menurut warga, kebiasaan ini, tidak lain adalah meneruskan tradisi yang sudah lama ada. Sebagai simbol rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Kades desa Madiredo, Mahfud dalam kesempatan itu, mengatakan pemdes beserta masyarakat petani berkerjasama menjaga dan memelihara tradisi Dawuhan aliran sungai irigasi yang ada di desa Madiredo.
"Kegiatan seperti ini harus selalu kita lestarikan, yang tidak lain adalah agar bisa memberi manfaat kepada warga desa," ungkap Kades Mahfud. (Hari)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama