Perayaan Natal UPTD SMKN 1 Sumarorong Dirangkaikan Launching "TEFA"


Setiap tanggal 25 Desember, umat Kristiani selalu merayakan Hari Raya Natal. Dalam bahasa Inggris, Natal disebut dengan Christmas, yang berasal dari kata Cristes maesse, yang berarti Mass of Christ (Misa Kristus). 

Hari suci umat Kristiani ini merupakan peringatan atas kelahiran Yesus Kristus dari Nazaret. Perayaan Natal dulunya merupakan tradisi Kekaisaran Romawi yang menandai terjadinya pergantian musim baru. Di luar negeri, perayaan Natal pada umumnya terjadi pada musim dingin. 

Bagi orang Romawi, musim dingin merupakan salah satu hari gelap yang harus mereka lalui. Sebab, tidak jarang mereka harus mengalami musim dingin yang sangat buruk sampai mengganggu segala aktivitas. 

Oleh sebab itu, ketika musim itu, sudah berlalu, orang Romawi akan bersuka cita dan mengadakan pesta. 

Sesungguhnya tidak ada yang tahu persis tentang tanggal kelahiran Yesus. Namun terlepas dari perdebatan yang pernah terjadi, pada akhirnya kelahiran Yesus ditetapkan menjadi tanggal 25 Desember dan kini diperingati sebagai Hari Natal.

Natal merupakan satu di antara momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Kristiani, dan Hari Raya untuk memperingati kelahiran Sang Juru Selamat, Yesus Kristus.

Menjelang Natal biasanya umat Kristiani tak lupa mempersiapkan segala sesuatunya dengan detail, seperti mendekorasi rumah dengan cantik, acara tukar kado hingga menyajikan kue kering yang enak.

Perayaan Natal Keluarga Besar UPTD SMKN 1 Sumarorong Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat dirangkaikan dengan Launching Teaching Factory Teknik Sepeda Motor "TEFA TSM" (Peresmian Bengkel Sepeda Motor) sebagai salah satu Kompetensi Keahlian yang dimiliki sekolah ini.

Kepala UPTD SMKN 1 Sumarorong, Arnoldus, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan di tengah sukacita Natal, luangkan waktu sejenak untuk merenungi makna Natal yang sesungguhnya dalam iman Kristiani. Pasalnya, saat ini tidak sedikit orang lupa makna Natal yang sebenarnya. 

"Kita patut merayakan Natal secara sederhana, bukan dengan kemewahan, sebab peristiwa natal yang pertama pun sangat sederhana. Tidak salah bila kita membeli pakaian baru pada hari Natal, membuat kue-kue dan makanan yang lezat, menghias gereja dan rumah kita dengan ornamen-ornamen Natal, tetapi jangan sampai makna kesederhanaan Natal menjadi hilang dari perayaannya di penghujung tahun 2023 ini, dan di musim liburan anak sekolah", ungkap Arnoldus. 

Mengakhiri sambutannya, Arnoldus mengucapkan : Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Happy Christmas and New Year 2024.

"Merry Christmas and Happy New Year! We hope this holiday season be filled with happiness." (Selamat Natal dan Tahun Baru. Kita berharap liburan kali ini dipenuhi dengan kebahagiaan).

Ketua Panitia Perayaan Natal tahun 2023, Pdt. Erny Maryke, S.Pd.K., didampingi seksi acara, Muh. Taufik Ramly yang juga Sekretaris Kepala Sekolah merasa senang dan kagum menyaksikan warga masyarakat Sumarorong yang datang penuh antusias pada kegiatan ini. Mereka merespon positif Perayaan Natal dilaksanakan di sekolahnya 15 Desember 2023. 

Hadir Forum Pimpinan Kecamatan Sumarorong, Para Wakasek yaitu : Humas, Kristina Banne, S.Pd. M.Pd., Pembinaan Peserta Didik (Kesiswaan), Perzon, S.Pd., Sarana dan Prasarana, Drs. Pilipus Tappi., semua Ketua Program Keahlian, Wali Kelas, Guru dan Staf Pegawai serta sejumlah Peserta Didik juga hadir bersama Orang tuanya masing-masing,  begitu pun semua warga sekolah. (Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama