Tips Memilih Baju Tidur Untuk Anak

Sama saat memakai baju kerja yang artinya siap untuk ke kantor atau bekerja, sedangkan piyama seakan mengaktifkan sleep mode atau memberikan sinyal pada tubuh untuk beristirahat. 

Salah satu alasan kenapa piyama sangat populer dikenakan sebagai pakaian tidur adalah karena piyama mampu memberikan kenyamanan. Fashion ini biasanya menggunakan material seperti satin, soft flannel, katun yang ringan, bambu rayon, dan masih banyak lagi.

Baju tidur merupakan salah satu hal penting yang yang harus kita beri perhatian terutama pada anak. Karena waktu tidur merupakan saat istirahat penting bagi tumbuh kembang anak.
Memakai baju tidur saatnya istirahat malam penting dibiasakan pada anak-anak usia 1 hingga 5 tahun. Kenapa? tidak lain, agar mereka bisa membedakan fungsi antara baju tidur dengan baju untuk bermain.

Memberi pengertian pada anak, bahwa baju untuk main sudah kotor dan tak boleh dipakai untuk tidur supaya kuman tidak menyebar ke atas tempat tidur merupakan sesuatu yang penting. 

Karena itu, memilih baju tidur bagi anak usahakan memilih yang nyaman.
Memilih baju tidur tak selalu mudah apalagi untuk anak-anak. Beda jenis kelamin beda juga jenis model dan warna bajunya karena bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Untuk anak lelaki umumnya bajunya berwarna lebih bold bisa biru atau cokelat atau bisa juga warna hitam. 

Untuk anak perempuan umumnya warna lebih soft seperti pink atau kuning dan warna pastel lembut. Selain warna bisa juga dilihat dari karakter yang ada di bajunya. Usahakan memilih karakter tepat sesuai dengan jenis kelamin si anak.

Pilih Ukuran Yang Tepat

Anak usia 1 hingga 5 tahun saat sedang dalam masa pertumbuhan. Sehubungan dengan hal itu maka wajib memilih ukuran baju anak secara tepat. Baju tidur untuk anak harus disesuaikan ukurannya demi kenyamanan anak saat tidur agar lebih nyenyak tanpa gangguan.

Memilih baju tidur yang terlalu ketat si kecil bisa merasa sesak saat tidur. Kulitnya bisa juga tergores karena bajunya terlalu sempit. Selain itu baju yang terlalu ketat bisa bikin ia tak nyaman karena mudah gerah dan tak bisa bergerak bebas.

Sebaliknya, baju tidur untuk anak juga jangan terlalu longgar. Apalagi masih dalam usia balita. Baju yang terlalu longgar bisa membuat anak merasa dingin atau juga tak bebas bergerak karena bajunya. Sehingga harus menyesuaikan dengan ukuran tubuh si anak.

Pilih Yang Nyaman di Kulit

Yang tidak kalah penting, dalam membeli baju tidur anak adalah bahannya. Untuk anak yang masih kecil apalagi yang belum bisa bicara wajib lebih waspada memilih bahan pembuatan bajunya.

Karena usia ini, anak tidak bisa mengatakan kalau baju yang dipakai tidak nyaman. Karena itu, orang tua harus bisa memastikan bahannya nyaman di kulit.

Pilih bahan katun yang populer untuk piyama, yang mampu menyerap keringat secara sempurna. Nyaman dipakai saat tidur dan pastinya lembut di kulit anak.

Bahan kaos, bahannya adem, juga bisa bikin anak nyaman dan nyenyak tidurnya.

Hindari Aksesoris Berlebihan

Saat tidur adalah saat penting untuk anak, jangan biarkan baju tidurnya mengganggu istirahat penting anak. Dan hindari memilihkan baju dengan aksesori berlebihan. Untuk tidur sebaiknya pilih model sederhana dengan aksesori seminim mungkin.(**) 



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama