Membangun Frekuensi Sama dan Cipta Kondisi agar Tamatan SMK Kreatif dan Inovatif


Kepala UPTD SMKN 1  Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. audiensi ke Dinas Tenaga Kerja Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (10 Januari 2024).

Sjahrir diterima Kepala Dinas, H. Andi Farid Amri, S.Sos. MM. didampingi segenap Kepala Bidang diantaranya Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja dan Kepala Bidang lainnya.

Sjahrir Tamsi mengatakan sesungguhnya niat dan rencana audiensi ke Dinas Tenaga Kerja sedari dulu, namun baru kali ini berkesempatan.

Dikatakannya maksud dan tujuannya menyambangi Dinas Tenaga Kerja Daerah Provinsi Sulawesi Barat yaitu : 

1) Menjajaki kemungkinan untuk membangun Kemitraan sebagaimana Motto Sekolahnya ; Kemitraan, Produktif, Highclass dan Sustainable, disingkat  "KAMPHAS" dan SMK OKE De singkatan dari  Otomotif, Komputer, Elektronika, dan Desain Komunikasi Visiual;

2) Peningkatan Kapasitas atau Penguatan Kewirausahaan dan Kebekerjaan kepada Peserta Didik aktif dan Tamatan;

3) Eksistensi dan efektifitas Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK;

4) Pemagangan Peserta Didik ke Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja "IDUKA";

5) Sosialisasi informasi Lowongan Kerja "LOKER";

6) Pendampingan dalam rangka membangun kerja sama SMK dengan IDUKA yang relevan dan representatif;

7) Fasilitas Pelatihan Khusus dalam rangka peningkatan Kompetensi Tamatan;

8) Pembentukan Tim Koordinasi Daerah Vokasi Provinsi Sulawesi Barat disingkat TKDV.

Selanjutnya Sjahrir menjelaskan beberapa kelebihan SMK secara Eksklusif, satu diantaranya yakni Lebih Banyak Praktik dan Fasilitasnya yang Memadai.

Di SMK lebih banyak praktik pada Program atau Konsentrasi Keahliannya yang menyenangkan dan berpusat  pada peserta didik daripada belajar dengan teori.

SMK memiliki fasilitas ruang atau laboratorium dan peralatan praktik yang sangat memadai, representatif lengkap, modern dan teranyar, sehingga sejatinya peserta didik pada jenjang SMK fokus memperbanyak sertifikat keahlian sebagai bekal untuk mengisi formasi keahlian yang dibutuhkan di masyarakat atau menjadi wirausahawan.

Oleh karenanya, tidak sedikit Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja "IDUKA" membutuhkan lulusan SMK yang bersertifikasi keahlian tertentu (bukan ijazah), sehingga perlu memperbanyak pelatihan keahlian "technical vocational training". Dalam hal ini perlu didukung dan difasilitasi oleh Dinas Terkait dan bersinergi dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja.

Sjahrir juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja Daerah Provinsi Sulawesi Barat yang sempat meluangkan waktunya di tengah-tengah kesibukannya untuk menerimanya, berdiskusi dan menyamakan Frekuensi dan Cipta Kondisi bagi Tamatan SMK yang Kreatif dan Inovatif dalam rangka Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, khususnya dalam kebekerjaan tamatan SMK di IDUKA yang relevan dan representatif. 

Audiesi ini berlangsung dengan hangat dan penuh rasa kekeluargaan, lancar, tertib dan sangat kondusif, Pungkasnya. (Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama