UPTD SMKN 1 Tapalang Barat Mendukung Program Gerakan Tanam Sejuta Bibit Cabai


Diketahui  Cabai merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi di Provinsi Sulawesi Barat. Penanganan Inflasi adalah salah satu dari Program Strategis Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Barat yakni Program 4+1.

UPTD SMKN 1 Tapalang Barat Gerak Cepat, Gas Full dan menyamakan Frekuensi dengan menciptakan kondisi kegiatan dalam rangka mendukung dan ikut sukseskan sejumlah Program Pemda Provinsi Sulawesi Barat, satu diantaranya yakni Program Gerakan Tanam Sejuta Bibit Cabai oleh Pj. Gubernur, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH. MH., didampingi Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat, Ibu Ninuk Triyanti Zudan yang telah melakukan Launching Program Gerakan Tanam Sejuta Bibit Cabai di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, Sabtu, 6 Januari 2024 baru-baru ini.

Kepala UPTD SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. mengatakan dirinya bersama segenap warga sekolah termasuk Kepala Desa Pasa'bu, Jalaluddin Jadil, S Ag. yang juga adalah Ketua Komite Sekolah sangat mendukung Program ini, Kepala Desa pun langsung memerintahkan para Kepala Dusun bersama warganya untuk merespon Program Gerakan Tanam Sejuta Bibit Cabai di halaman sekolah.

Selanjutnya Sjahrir mengatakan telah berkoordinasi dengan pihak penyedia Bibit Cabai yakni UPTD Bidang PSP Dinas Pertanian Daerah Provinsi Sulawesi Barat di Kalukku dan pihak penyedia pun sudah siap mendistribusikannya ke UPTD SMKN 1 Tapalang Barat sebanyak = 1.000 Bibit Cabai.

Sjahrir merencanakan Penanaman Bibit Cabai serentak dengan penanaman Bibit Ketapang Kencana dan Pucuk Merah sebagai Tanaman pelindung dengan harapan kemudian dapat menambah keindahan perwajahan sekolahnya mulai dari depan dan seputar lingkungan halaman sekolah hingga belakang yang dipastikan tertata dengan apik dan indah dipandang mata bagi  semua orang.

Perlu diketahui Ketapang Kencana asal Madagaskar berwujud ramping, namun memiliki ranting membentang dan bertingkat sehingga tepat untuk dimanfaatkan sebagai peneduh halaman. Ketapang Kencana mampu tumbuh dengan ketinggian mencapai 10 – 20 meter dengan batang berdiri tegak dan rapi. Pohon ini juga memiliki ranting ramping yang tumbuh lurus. Adapun bahasa Latin Pohon Ketapang Kencana adalah "Terminalia mantaly". 

Sementara Pucuk merah atau daun pucuk merah adalah spesies tumbuhan yang dikenal sebagai tanaman hias yang berasal dari genys Syzygium. Warna tunas daun yang baru muncul memiliki warna merah menyala sehingga tumbuhan ini memiliki sebutan Pucuk Merah. Warna daun akan berubah perlahan menjadi hijau seiring berjalannya waktu.

Tanaman Bibit Ketapang Kencana dan Pucuk Merah akan didistribusi ke UPTD SMKN 1 Tapalang Barat oleh Dirjen Pengendalian DAS dan Rehabilitasi Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Badan Pengelolaan DAS Mamuju hari Sabtu, 13 Januari 2024. Sementara Penanaman Serentak di Seluruh Wilayah Kerja BPDAS dilakukan pada hari Minggu, 14 Januari 2024. 

Demikian pula dengan Kegiatan Penanaman Serentak Secara Nasional juga dilakukan pada hari Minggu ini oleh Wapres RI, Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin di Provinsi Banten. (Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama