Mengenal Lebih Dekat Indra Purnama, Kandidat Pj. Bupati Polewali Mandar (2) Oleh : Sjarir Tamsi

 

    Indra Purnama


Oleh : Sjahrir Tamsi*

Jabatan Bupati Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat, H. Andi  Ibrahim Masdar berakhir 6 Januari 2024 nanti. Indra Purnama, adalah salah seorang Kandidat Pj. Bupati Polewali Mandar diajukan Pj. Gubernur Sulawesi Barat kepada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 

Pj. Gubernur Sulbar Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH., menyiapkan tiga nama diajukan menjadi Pejabat Bupati Polewali Mandar. 

Ketiga nama diusulkan Prof Zudan tersebut yakni; Kepala Biro Keuangan, Umum, dan Hubungan Masyarakat (Karo KUH) BNPP Kemendagri, Indra Purnama. Sekwan DPRD Provinsi Sulawesi Barat, Abdul Wahab Hasan Sulur dan Kepala BPSDM Farid Wajdi. 

Tiga nama ini memenuhi syarat untuk menjadi Pj Bupati Polewali Mandar. Mereka layak untuk menjadi Pj. Bupati Polewali Mandar. Mereka semua memiliki kepemimpinan dan kinerja yang bagus. 

Sementara itu, DPRD Polewali Mandar juga mengusulkan tiga nama berbeda yang diusulkan ke Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Barat, yakni  Dr. Muhammad Zain, Hamdani Hamdi, dan Muhammad Ilham Borahima.


Biodata : 

Indra Purnama, kelahiran Riau, 31 Januari 1966, dikenal humble, sopan, rendah hati dan hobi bermain musik.

Lahir di Riau, namun Indra menempuh pendidikan dari SD hingga SMA di DKI Jakarta.

Indra Purnama menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri Klender Pagi tahun 1977. Melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri 51 Jakarta dan lulus tahun 1981. Tiga tahun kemudian, putra pasangan Boeslan Salamoen (Alm) dan Kamariah itu  lulus dari SMA Negeri 38 Jakarta di tahun 1984. 

Selanjutnya Indra meraih gelar Sarjana Administrasi Negara Universitas Padjadjaran tahun 1989.  Meraih Gelar S2 Magister Administrasi Publik dari UGM pada tahun 2002. 

Indra menikah dengan wanita asal Surabaya, Jawa Timur, Elok Yeni Suryanti dan dikarunia dua anak.

Anak pertama bernama Nayendra Alfin Falah kelahiran Depok, 31 Mei 1996. 

Anak kedua Nandrea Hasna Syahira, lahir di Depok, 03 Juni 1998.

Indra Purnama menjabat Kepala Biro Keuangan, Umum dan Hubungan Masyarakat pada Sekretariat Badan Nasional Pengelola Perbatasan Kemendagri dengan status Eselon IIA.

Indra juga meraih penghargaan Satyalancana Karya Satya XX tahun 2013 dari Presiden RI, dan Satyalancana Karya Satya XXX tahun 2022 juga dari Presiden RI.

Sebelum menjadi Kepala Biro, Indra Purnama menjabat Asisten Deputi Pengelolaan Batas Negara Wilayah Darat pada Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara.



*Sjahrir Tamsi, adalah Putra Daerah Kabupaten Polewali Mandar,  Tokoh Adat dan Tokoh Pendidikan Daerah Sulawesi Barat. Salah satu dari 20 orang Tokoh Nasional yang baru-baru ini menerima award atau penghargaan kategori : "Tokoh Pendidik Yang Penuh Inovasi Dalam Upaya Memajukan Dunia Pendidikan Kejuruan", di Hotel Orchardz Jayakarta, Kota Jakarta.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama