Panwaslu Kecamatan Kelapa Dua Umumkan Hasil Seleksi Administrasi Petugas PTPS


Tangerang, wartamerdeka.info, - Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kelapa Dua resmi mengumumkan nama-nama Calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-kecamatan Kelapa Dua yang dinyatakan lulus tes administrasi dan berhak mengikut tes wawancara sebelum ditetapkan sebagai PTPS.

Ketua Panwaslu Kecamatan Kelapa Dua Tamba Rony Hebert mengatakan kalau pengumuman calon PTPS dilakukan pihaknya sesuai dengan timeline waktu rekrutmen PTPS yang terlampir pada petunjuk teknis (Juknis) dari Bawaslu RI.

"Pengumuman kita umumkan secara terbuka, selain untuk memudahkan pelamar melihatnya juga agar masyarakat bisa mengakses dan melihat serta turut menginformasikan jika ada nama-nama yang dinyatakan sebagai Calon PTPS melanggar syarat-syarat yang telah ditentukan dalam rekrutmen ini,” katanya, Rabu (10/1/2024).

Rony menjelaskan, para calon PTPS yang diumumkan ini telah melalui tahapan seleksi administrasi dan dinyatakan berhak untuk ikut tes wawancara sebelum nantinya ditetapkan menjadi PTPS yang menyebar di 508 TPS di  Kelurahan dan Desa se-Kecamatan Kelapa Dua.

"Total pelamar 574 peserta. Lulus tes Administrasi , Laki-laki 316, Perempuan 258. Peserta Calon PTPS dan akan mengikuti tes wawancara  2 Januari hingga 17 Januari," tuturnya. 

Rony menambahkan, setelah melalui tes wawancara dan tahapan tanggapan masyarakat yang dimulai pada 10 hingga 21 Januari nanti. Pada tahapan ini masyarakat berhak untuk memberikan tanggapan terhadap para calon PTPS jika melanggar persyaratan seperti terlibat sebagai anggota Parpol, Timses Paslon, memiliki ikatan pernikahan dengan sesama penyelenggara atau melanggar syarat lainnya.“Masyarakat bisa menyampaikan tanggapan dengan mengisi formulir yang kami sediakan bisa diambil dikantor Panwascam Kelapa Dua, nanti kami akan melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan dan jika memang terbukti maka tidak akan ditetapkan menjadi PTPS dan akan diganti dengan peserta lainnya sesuai peringkat nilai," tegasnya.

Rony mengaku, peran aktif masyarakat dalam memberikan tanggapan menjadi bagian penting dalam hal proses rekrutmen PTPS agar dapat semakin memastikan calon PTPS merupakan mereka yang benar-benar non partisipan sehingga bisa menjadi bagian pengawas yang dapat bekerja profesional ke depannya.“Kami telah melakukan seleksi semaksimal mungkin namun tanggapan dari masyarakat menjadi bagian yang penting, untuk membantu kami memfilter setiap calon PTPS sebelum kami tetapkan," tukasnya. (Hanafi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama