Unik, 2 Anak "ATS" Bernama "Tiara", Kembali Sekolah di UPTD SMKN 1 Barat

 Ceritanya unik, faktanya terjadi di UPTD SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Sekolah ini walau Tidak punya "Toilet" dan tak terjangkau jaringan "Internet", namun tetap eksis fasilitasi Anak Tidak Sekolah disingkat "ATS " untuk Kembali Bersekolah.

Bermula seorang ATS bernama "Tiara 1" diantar ayahnya yang juga adalah salah seorang Kepala Dusun di Desa Dungkait Kecamatan Tapalang Barat sambangi sekolah ini untuk menemui Kepala Sekolah, Senin (24 Juli 2023).

Ketika itu, diterima Kepala Sekolah di Ruang Kerja sementara (Darurat).
Kepala UPTD SMKN 1 Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd., didampingi Wakasek 3 Humas dan Sarana Prasarana, Sarifuddin, S.Pd.I., M.Pd., menerima Anak Tidak Sekolah "ATS" alias Putus Sekolah di Kelas X SMKN 1 Tapalang Barat Tahun Pelajaran 2022/2023.

Bernama Tiara anak dari pasangan Herman dan Rini di Desa Dungkait Kecamatan Tapalang Barat.
Singkat cerita, berhubung tidak memiliki kendaraan dan kondisi ekonomi orang tuanya yang tidak menentu, sehingga kedua orang tuanya ketika itu langsung sepakat memutuskan "Tiara" untuk keluar dari sekolah merantau ke pulau seberang mencari pekerjaan agar bisa membantu keluarga atau kedua orang tuanya yang ketika itu belum punya penghasilan yang memadai menghidupi keluarga dan beberapa orang anaknya.

Di kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, Tiara bekerja dengan penghasilan yang memadai cukup untuk menghidupi orang tua bersama adik-adiknya di kampung halaman di Desa Dungkait Kecamatan Tapalang Barat.

Setahun kemudian, Ayahnya diangkat menjadi Kepala Dusun dan difasilitasi 1 (satu) unit kendaraan roda dua (Motor) dari Pemkab Mamuju tahun 2023 lalu, maka Tiara pulang kampung dan langsung menyambangi sekolahnya yang tempo hari keluar tanpa sepengetahuan pihak sekolah. 

Tiara mengucapkan syukur karena bisa diterima Kembali bersekolah di UPTD SMKN 1 Tapalang Barat tanpa syarat Selasa, 25 Juli 2023.
Tiara pun disambut penuh suka cita oleh temannya untuk "Kembali Bersekolah" di kelas XI TKJ SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju. Ternyata namanya masih terdapat dalam Daftar Hadir Harian di kelasnya.

"Saya juga merasa senang dan bahagia menjadi salah seorang peserta didik aktif kembali sama dengan temanku yang lain bisa menerima "Beasiswa PIP" di sekolah ini," ungkap Tiara.
Dana Beasiswa ini, lanjut Tiara saya pakai untuk membeli perlengkapan atau segala kebutuhan saya bersekolah.

Dia juga merasa senang dan patut mengucapkan terima kasih tiada terhingga kepada Kepala Sekolah dan Guru-Guruku bisa menerima saya kembali di Sekolah ini.
Demikian pula kedua orang tua Tiara, mereka bersyukur dan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang fasilitasi sehingga anaknya "Tiara 1" bisa Kembali Bersekolah dan menerima "Beasiswa PIP" di sekolah ini.

Sementara itu, beberapa hari kemudian Sjahrir Tamsi terima lagi permohonan dari seseorang kerabatnya via telepon selulernya. Melalui kerabatnya ini meminta konfirmasi perihal "ATS" bernama "Tiara 2". Diapun merespon via telepon selular bahwa anak itu sudah Kembali Bersekolah beberapa hari yang lalu.

Keduanya sempat bingung (Sjahrir dan Kerabatnya). Pasalnya, diketahui "ATS" dimaksud belum masuk sekolah dan kini tinggal bersama Tantenya beralamat di Mamuju setelah pulang kampung dari rantauan Kota Balikpapan Provonsi Kalimantan Timur.

Singkat cerita, bertemulah bertiga, Sjahrir Tamsi, Kerabat dan Tante "ATS" itu di Mamuju.
Ternyata benar, menurut Tante dari Tiara 2 ini, yang mewakili orang tuanya bermohon agar ponakannya bernama "Tiara 2" yang baru saja pulang kampung halaman dari rantauan, meminta agar bisa diterima untuk Kembali Bersekolah di UPTD SMKN 1 Tapalang Barat.

Kepala UPTD SMKN 1 Tapalang Barat, Sjahrir Tamsi merespon langsung ATS ini. Setelah melalui asesmen kompetensi maka mulai
Selasa 27 Juli 2023 lalu, Tiara 2 resmi menjadi Peserta Didik aktif dan bergabung dengan Peserta Didik lainnya, kemudian didaftar dalam DAPODIK untuk bisa Kembali Bersekolah di SMKN 1 Tapalang Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. Dia duduk di kelas XII Program Keahlian/Konsentrasi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan disingkat TKJ.

Diketahui "Tiara 2" adalah anak dari pasangan M.Yusuf dan Nurena beralamat di Desa Orobatu Kecamatan Tapalang..
Kini "Tiara 2" Bersekolah di UPTD SMAN 3 Mamuju setelah melalui mekanisme permintaan Tantenya mewakili orang tuanya agar "Tiara 2" bisa pindah sekolah dari UPTD SMKN 1 Tapalang Barat ke sekolah terdekat mengikuti Tantenya yang Beralamat di Mamuju. Tiara 2 ini juga diketahui merima Beasiswa PIP.

Mereka berdua semula "ATS", kini  menjadi Peserta Didik Aktif merasa terpanggil untuk menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang fasilitasi hingga bisa Kembali Bersekolah.
Demikian juga ucapan terima kasih dan apresiasi disampaikan langsung oleh orang tuanya masing-masing kepada Kepala UPTD SMKN 1 Tapalang Barat dan Kepala UPTD SMKN 3 Mamuju. Karena Anak-anaknya bisa aktif Kembali Bersekolah sama dengan Peserta Didik lainnya.
Semoga Penanganan "ATS" di Provinsi Sulawesi Barat ini dapat segera "TUNTAS" : "Lebih Cepat Penangannya dan Tepat Waktu, itu Lebih Baik". (Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama