Repetisi Unik Ujian Sekolah 2024 Dilaksanakan di Masjid Hubbul Wathan

 Ada yang unik dan repetisi dalam pelaksanaan Ujian Sekolah (US) atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2024 ini, Moda Daring di UPTD SMKN 1 Tapalang Barat. Yakni dijadikannya Masjid "Hubbul Wathan" di Desa Pasa'bu Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, sebagai lokasi penyelenggaraan Ujian Sekolah 2024 ini.

Kepala SMKN 1 Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi M.Pd. mengatakan berhubung di lokasi  sekolahnya belum difasilitasi bantuan Tower/BTS dari Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Barat sehingga signal tidak cukup memadai untuk pelaksanaan Ujian Sekolah dengan Moda Daring. Diungkapkannya, tahun 2021, 2022 dan 2023 lalu, di mesjid ini juga digelar SINKRONISASI ANBK, berhubung signalnya sangat kuat dan kencang. 

Menurut Sjahrir Tamsi, mengutip pernyataan Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin beberapa waktu lalu,  Rasulullah SAW sendiri juga telah memfungsikan masjid tidak hanya menjadikan sebagai sarana ibadah ritual seperti salat dan membaca Al-Qur’an, tetapi juga memakmurkannya dengan dakwah, pendidikan, serta kegiatan sosial seperti pembagian zakat, qurban, pernikahan, diskusi masalah umat, dan lain-lain.

Sebelum melaksanakan ujian di masjid,  Sjahrir telah  melakukan koordinasi kepada sejumlah pihak. Yaitu;

1. Pengurus Mesjid  "Hubbul Wathan",  Desa Pasa'bu, untuk  meminta ijin penggunaan fasilitas   di dalam mesjid sebagai lokasi Ujian Sekolah 2024
2. Pimpinan PLN setempat agar tidak  memadamkan lampu pada lokasi pelaksanaan Ujian Sekolah. 

Koordinasi dilakukan pula dengan Pemerintah setempat dalam hal ketertiban dan keamanan pelaksanaan Ujian Sekolah, yaitu kepada Kepala Desa Pasa'bu, Jalaluddin Jadil, S Ag. yang juga adalah Ketua Komite di Sekolah ini.

Sejumlah Peserta Ujian kelas XII UPTD SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju pun kemudian mengerjakan Soal Ujian Sekolah tahun pelajaran 2023/2024 dengan Moda Daring di dalam Mesjid  "Hubbul Wathan". 
Peserta Ujian sebanyak 4 kelompok dan masing-masing kelompok diawasi  2 orang Guru yang  bertanggung jawab dalam keberlangsungan Ujian.

Peserta mengerjakan Soal Ujian menggunakan Ponselnya, difasilitasi Hostpot milik Panitia (Guru) serta dengan Aplikasi Google Form. 
Usai Ujian, para peserta,  Pengawas, dan Panitia melaksanakan Salat Dhuhur secara berjamaah.
Kepala SMKN 1 Tapalang Barat merasa senang,  bangga, dan apresiasi kepada Pengurus Masjid "HUBBUL WATHAN" atas fasilitas penggunaan Masjid sebagai tempat menyelenggarakan Ujian Sekolah.

Dia berharap semoga Pelaksanaan Ujian Sekolah hingga penghabisan tanggal 23 April 2024 nanti berlangsung dengan lancar, tertib, aman dan sukses.

Berbagai karya dan kegiatan produktif, edukatif, kreatif dan inovatif telah ditorehkan oleh Sjahrir Tamsi selama menjadi Nakhoda di Sekolah ini, terhitung sejak tahun 2020 hingga sekarang termasuk Pola penyelenggaraan dan penetapan Lokasi Ujian Sekolah kali ini. 

Menurutnya, hal ini dilakukan sebagai salah satu terobosan untuk mendobrak pola pikir dan pola perilaku yang selama ini sangat konservatif di sekolahnya. 

Semua ini dilakukan dalam dalam rangka mewujudkan SMKN 1 Tapalang Barat menuju : 
1. SMK Program Keunggulan (SMK-PK);
2. SMK BLUD;
3. SMK IKM, Mandiri Berbagi;
4. Perubahan Nomenklatur Sekolah menjadi SMKN 4 Mamuju, Bidang Keahlian : 
# Kemaritiman, 
# Pariwisata
5. Sekolah Modern Penuh Harapan Untuk Masa Depan Cemerlang. 

Perlu diketahui bahwa UPTD SMKN 1 Tapalang Barat sekarang ini membina 4 Konsentrasi Keahlian yaitu 1) Teknik Sepeda Motor, 2) Teknik Audio Video, 3) Teknik Komputer dan Jaringan, dan 4) Desain Komunikasi Visual. 

Modern Bangunan Gedungnya, Serba Baru dan Modern Peralatan Praktiknya, terdapat Studio Foto dan Studio Seni Musik, dilengkapi dengan sejumlah Camera Digital serta Drone bantuan DAK Fisik dan non Fisik Bidang SMK Tahun 2022 lalu. 

Namun miris karena tidak ada Bangunan Toliet yang representatif untuk peserta didiknya.
Hadir dengan setia memantau pelaksanaan Ujian sejumlah Panitia dan Guru-Guru diantaranya : Wakasek 1 Perencanaan Pendidikan (Kurikulum)  Ketua Panitia, Parlan, S.Pd., Wakasek 3 Humas dan Sarana Prasarana Pendidikan, Sarifuddin, S.Pd.I. M.Pd., Mukarrama, S.Pd. Ketua Program Keahlian TAV, Hasnia, ST. Ketua Program Keahlian TKJ, Sartina, S.Pd. Sekretaris Panitia/Operator Sekolah, Zohraya, S.Pd. Bendahara Dana BOS, Syarifah, S.Pd. Guru Bhs. Inggris, Satria Hasri, S Pd. Guru Kimia, Nurmi Oktaviani, S.Pd. Guru Fisika, Mirnawati, S.Pd. dan St. Rahmah, S.Pd. Pembina OSIS. (Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama