Buka Musda Perangkat Desa, Bupati Barru Ingatkan Pentingnya Soliditas

 Barru, wartamerdeka.info, - Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh membuka secara resmi Musyawarah Daerah (MUSDA) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Barru Tahun 2024 di Lantai 6 MPP Kantor Bupati Barru, Kamis (06/06/2024).

Mengawali sambutannya, Suardi Saleh mengatakan, secara umum bergabung dalam suatu komunitas atau asosiasi termasuk PPDI ini harapannya yang pertama menjadi sarana informasi, tukar menukar pengalaman termasuk juga saling membantu menghadapi persoalan persoalan baik sifatnya pribadi maupun dalam rangka penyelesaian tugas tugas kita.

Terkait PPDI, Suardi mengurai asosiasi ini bisa menjadi alat komunikasi antar anggota dan paling penting menjadi wadah dalam penyelesaian persoalan yang dihadapi di desa untuk dikomunikasikan ke level atas pimpinan, Camat, PMD, Bupati dan seterusnya sampai nasional.

Dikatakan saat ini beberapa asosiasi sudah terbentuk di desa seperti PPDI, APDESI, dan ABPEDNAS yang memiliki banyak anggota, sehingga dia meminta agar asosiasi ini dapat bersinergi, solid dan jangan ada persaingan yang tidak sehat.

"Karena tujuan asosiasi ini dibentuk sama, yakni bagaimana mewujudkan cita cita para pendahulu kita sebagaimana Tujuan Nasional yang termaktub dalam UUD 1945 yaitu melindungi masyarakat kita, mencerdaskan masyarakat kita, mensejahterakan masyarakat kita", ungkap Bupati.

Terpenting, lanjut Bupati kehadiran asosiasi atau organisasi ini untuk mensolidkan aparat di desa, sehingga tujuan menghadirkan pengelolaan pemerintah desa yang baik dan akuntabel bisa terwujudkan. 

Dihadapan peserta Musda,  Suardi mengingatkan 3 hal yang menjadi fokus secara nasional agar menjadi perhatian pemerintah desa dan perangkat desa yakni bagaimana menghilangkan kemiskinan ekstrem, kemudian bagaimana agar target stunting dapat kita capai, dan terakhir bagaimana meningkatan ekonomi desa.

Diakhir sambutannya, dia berharap siapapun yang terpilih pada Musda ini dialah yang akan mengkoordinasikan aspirasi kita.

"Jangan sampai terjadi kompetisi tidak sehat antar asosiasi di desa, dengan sinergitas dan kebersamaan kita akan lebih mudah mencapai tujuan dan target kita dalam mengurus masyarakat desa", pungkas Suardi. 

Sebelumnya Ketua PPDI Provinsi Sulawesi Selatan Tabahalilintar menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Barru atas bantuan dan support sehingga Musda ini dapat terlaksana.

Dia mengakui bahwa Bupati Barru memiliki perhatian sangat besar kepada perangkat desa, hal ini dibuktikan dengan telah diterbitkannya NIPD  (Nomor Induk Perangkat Desa) kepada para perangkat desa di Kabupaten Barru dimana di Sulawesi Selatan baru 4 Kabupaten yang melakukan.

Sementara Ketua Panitia Musda PPDI Kabupaten Barru Rukmanto yang juga Sekretaris Desa Balusu dalam laporannya menyebutkan kegiatan ini mengusung tema "Sinergitas PPDI dengan Pemerintah Daerah dalam Kebersamaan guna Mewujudkan Perangkat Desa yang Sejahtera, Bermanfaat, Bermartabat dan Profesional ".

Peserta Musda PPDI Kabupaten Barru tahun 2024 berjumlah 200 orang yang merupakan utusan Perwakilan Pemerintah Desa Se Kabupaten Barru yang terdiri dari unsur Sekretaris Desa, Kepala Urusan, Kepala Seksi dan Kepala Dusun.

Hadir Kadis PMDPPKBPPPA Kabupaten Barru, Ketua PPDI Provinsi Sulsel bersama Pengurus, Ketua APDESI Kabupaten Barru,
Ketua ABPEDNAS Kabupaten Barru. (Syam) .

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama