BREAKING NEWS

"Giliran" Wali Kota Medan Kena OTT KPK

Juru Bicara KPK Febri Diansyah JAKARTA (wartamerdeka.info) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menangkap seorang kepala daerah...

Pilkasis SMKN Kalitengah Lamongan, Kedepankan Kejujuran Intelektualitas


LAMONGAN (wartamerdeka.info) -
Berbeda dengan model pemilihan, semisal pilpres, pilkada atau pilkades. Pilkasis,
atau Pemilihan ketua OSIS terasa masih murni tanpa  intervensi politis dalam model apapun. Apalagi money politik dan pencitraan. Pilkasis terasa sangat alami. Model kampanye nya juga spontan dan polos. Kandidat pada pilkasis bahkan bisa menerima kekalahan dengan jiwa besar. Sementara, yang terpilih pun juga tidak merasa jumawa.

Setidaknya itulah yang terjadi pada pilkasis di SMKN Kalitengan Lamongan, (Minggu kemarin) berlangsung demokratis dan jujur. Betapa tidak, bursa memilih pemimpin siswa di sekolah tersebut berlangsung diatas koridor pemilihan yang demokratis dan jujur tanpa ada embel embel money politik, intrik atau polesan pencitraan.

Apalagi model pemilihannya menggunakan sistem android, hanya tinggal tekan tombol untuk kandidat yang menjadi pilihannya.

Menariknya, kepala sekolah juga punya hak pilih, termasuk siswa yang sedang berada diluar karena mengikuti kegiatan prakerin tetap bisa menggunakan hak pilihnya, tanpa ada kendala jarak, karena sistem pemilihannya android, hanya tinggal menekan tombol di hp.

Kasek SMKN Kalitengah Syufa'at menyebut model pemilihan ketua OSIS (Pilkasis) di lembaganya betul betul murni dan berjalan natural.

"Pemilihan ketua OSIS disini benar benar mengedepankan unsur elektabilitas, kredibilitas, intelektualitas, tapi tidak mengedepankan isi tas (money politik/finansial)," kata Syufa'at.

Bisa dibayangkan, jika seandainya pada pilpres, pilkada atau pilkades bisa seperti pilkasis, suasana keakraban, kenyamanan dan kelancaran tidak menjadi problem pada setiap momen pemilu.


Pada pilkasis kemarin itu, ada dua Paslon yang maju dalam bursa pilkasis yakni, paslon Nomor Urut 1, Alex Indah Setiawan (Kls. XI Multimedia)  dan Dwi Nazilah Oktavia ( XI Perbankan). Sedangkan paslon Nomor Urut 2,  Nur Ilahi Syah Alam (XI Teknik Komputer Jaringan) dan Sintia Salsabilah (XI Perbankan).

Hasil penghitungan perolehan suara terbanyak Paslon Nomor Urut 2, dengan jumlah 440 suara dan Paslon nomor 1, memperoleh sebanyak 130 suara. Dari hasil perolehan suara tersebut, dipastikan paslon Nur Ilahi Syah Alam (XI Teknik Komputer Jaringan) dan Sintia Salsabilah (XI Perbankan) terpilih secara sah dan demokratis untuk menduduki ketua dan wakil ketua OSiS SMKN Kalitengan, periode 2019-2020. (Mas)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilkasis SMKN Kalitengah Lamongan, Kedepankan Kejujuran Intelektualitas"

Posting Komentar