Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


PT Bukit Asam Latih 12 Peternak Ikan Lele


TANJUNG ENIM (wartamerdeka.info) - PT Bukit Asam (PT BA) Tbk melalui Corporate Social Responsibility (CSR) latih 12 peternak ikan tradisional budidaya ikan lele dari 9 - 12 Desember 2019. Kegiatan ini digelar di di kolam ikan Sepupu Jaya Tanjung Enim,  Kabupaten Muara Enim

Manejemen PTBA diwakili Asisten Manager Bina Wilayah CSR, Mustafa Kamal, mengatakan bahwa pelatihan ikan lele ini baru pertama dengan sistem 10 persen klasikal atau teori dan 90 persen praktek lapangan.

Materi klasikal dilaksanakan di Rumah Kreatif BUMN Bukit Asam dan praktek lapangan dilaksanakan di kolam ikan binaan PTBA yang sudah berhasil seperti di Kolam Pak Mulyanto di Saringan, Kolam Pak Surodiono di Bedeng Obak, dan Kolam Pak H. Erwanto di Tegalrejo Rt. 13.

Adapun program segmentasi pelatihan lele ini dimulai dari perkawinan, pemijahan / pembenihan, pembesaran dan wisata atau tempat pemancingan. Sedangkan 12 peserta datang dari peternak ikan yang masih tradisional berasal dari Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muara Enim meliputi Gelumbang 4 orang, dan Sungai Rotan, Tanjung Agung, Semende Darat Laut, dan Karang Taruna Kabupaten Muara Enim masing - masing 2 orang.

Kemudian, untuk narasumber dari Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Sepupu Jaya yakni Kusmidi dan Surodiono yang tercatat Pokdakan ini pernah meraih predikat Juara Nasional.


Mustafa berharap dengan kegiatan ini para peserta bisa langsung mengaplikasi di kolam ikan masing - masing dengan bisa mengambil salah satu segmen yang dlatihkan. Serta dari peserta budidaya lele diminta membuat program pribadi selama 1 tahun usai mengikuti pelatihan dan bukan hanya berhasil mendapatkan sertifikat saja.

Tidak hanya itu, PTBA juga menjadikan Pokdakan Sepupu Jaya sebagai pusat pelatihan nasional, artinya bila ada pelatihan seperti ini cukup belajar di Pokdakan Sepupu Jaya ini.

"Semoga dengan adanya pelatihan ini PTBA bisa ikut ambil bagian dalam mensukseskan pembangunan Muara Enim yang merakyat dalam menciptakan lapangan kerja dan menciptakan pelaku usaha baru," ucap Mustafa.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, melalui Sekretaris, Haryadi, mengucapkan terima kasih kepada PTBA dengan adanya kegiatan pelatihan ikan tawar ikan lele.

"Mudah - mudahan setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, peserta pelatihan bisa langsung membudidayakan ikan lele untuk menambah penghasilan keluarga. Mudah - mudah bisa menjadi penggerak ekonomi kreatif dalam rangka menyongsong Kota Tanjung Enim Kota Wisata," harap Haryadi. (Agus v)

Posting Komentar untuk "PT Bukit Asam Latih 12 Peternak Ikan Lele"