WarLA Bangkitkan Kebekuan Perekonomian Desa

Bupati Fadeli: Tahun 2020, Semua BUMDes Di Lamongan Harus Sudah Punya War-LA


LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Di akhir periode nya, bupati Lamongan, Fadeli terus mendorong kebangkitan ekonomi pedesaan. Yang salah satunya, melalui pendirian Warung Lamongan (War-LA) dengan managemen pengelolaan secara profesional dan moderen. Kehadiran WarLa, yang didirikan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini, diharapkan mampu bangkitkan kebekuan perekonomian desa di kabupaten ini.

WarLa dalam pengelolaannya bekerjasama dengan Kasobi  (Kerjasama Operasi Ekonomi Bersama). Lembaga  ini membantu dalam pemilihan branding, penataan barang, manajemen stok barang, hingga software penjualan layaknya toko modern.

Bupati  Fadeli saat Melaunching Warung Lamongan (War-LA) di Desa Karangangung Kecamatan Glagah, Senin (30/12), optimis War-LA bisa menumbuhkan UMKM di Lamongan. Karena di setiap gerai War-LA disediakan rak khusus untuk menjual produk UMKM setempat.

Melalui fasilitas teleconference, Bupati Fadeli juga meresmikan 9 gerai lain,
yakni War-LA Desa Blawi (kecamatan Karangbinangun), Desa Banyubang dan Dagan/(kecamatan Solokuro), Desa Kranji dan Drajat (kecamatan Paciran), Desa Kelorarum (kecamatan Tikung), Desa Karangsambigalih (kecamatan Sugio), Desa Sukosongo (kecamatan Kembangbahu) dan Desa Ngimbang (kecamatan Ngimbang).

Pada 2019 secara bertahap didirikan  120 War-LA.

"Tahun 2020, saya harapkan semua BUMDes harus sudah punya War-LA,”ujar Fadeli.

Bupati juga berharap agar dana desa selain dapat dioptimalkan untuk pembangunan fisik dan infrastruktur, juga bisa dipergunakan untuk membangun wisata lokal dan pemberdayaan ekonomi desa.

“Selain pembangunan fisik, sisihkan dana desa untuk membangun wisata lokal. Pemberdayaan ekonomi desa seperti War-LA ini. Karena hasil dari War-LA ini akan kembali ke desa sebagai pemilik War-LA,” imbuhnya.

Sementara itu plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pujobroto Iriawan Putra mengatakan pendirian War-LA ini diharapkan dapat memotivasi dan membangun kepercayaan desa dalam mengelola perekonomian desa secara mandiri.

“Selain sebagai pemenuhan kebutuhan warga desa,War-LA diharapkan dapat memberikan pekerjaan bagi warga yang membutuhkan, sebagai sarana promosi produk warga sekitar, sentra kegiatan masyarakat dan pelatihan pengembangan masyarakat, dan mitrausaha toko-toko sekitar desa,” ungkapnya.(Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama