Masyarakat Seko Kecam Pernyataan Politisi Golkar Kadir Halid Yang Komplain Pembangunan Di Seko

Camat Seko, Luwu Utara, Akbal Ali 
MAKASSAR (wartamerdeka.info) - Masyarakat Seko mengecam pernyataan politisi Partai Golkar Kadir Halid yang mengkomplain pembangunan di Seko oleh Gubernur Nurdin Abdullah (NA).

"Janganlah ada pihak yang mempolitisasi pembangunan di Seko. Karena sejak Indobesia merdeka 74 tahun lalu, baru kali ini di masa Gubernur NA, kami, masyarakat merasakan geliat pembangunan yang ntata," ujar tokoh masyarakat Seko, Akbal Ali kepada wartawan, hari ini.

Hal itu diungkapkannya menanggapi pernyataan mantan Ketua Pansus Hak Angket DPRD Sulsel Kadir Halid yang mengkritisi pembangunan di Seko oleh  Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Kadir Halid mengatakan jika anggaran untuk pembangunan Seko tidak masuk dalam RPJMD Provinsi Sulsel. Sementara, anggaran yang digunakan dan diinvestasikan oleh Gubernur NA mencapai angka Rp60 milliar di Seko.

Pernyataan disampaikan Kadir Halid pada acara dialog peluncuran buku hak angket di Red Corner Cafe and Resto, Jalan Yusuf Daeng Ngawing, Makassar, Senin 13 Januari lalu

Akbal Ali yang juga Camat Seko, Kab Luwu Utara, menyatakan, masyarakat Seko baru merasakan kemerdekaan di penghujung tahun 2019 kemarin, saat Gubernur NA meresmikan pembangunan jalan tembus ke Seko. Seko selama ini, kata Akbal Ali, dikenal sebagai daerah paling terisolir di Indonesia lantaran tidak ada akses jalan yang bisa dilalui kendaraan roda empat.

Selain infrastruktur, masyarakat Seko juga belum merasakan listrik dari PLN.

Tapi,  berkat tangan dingin Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, masyarakat Seko saat ini sudah merasakan kemerdekaan dari segi infrastruktur. Bahkan, mereka merasa punya semangat hidup baru dan merasa bagian dari warga Sulsel bahkan Indonesia.

Oleh karena itu, jika ada pihak yang mempolitisasi pembangunan infrastruktur di Seko, masyarakat Seko mengaku merasa kecewa dan mengecam sikap itu.

Akbal Ali yang mewakili masyarakat Seko sangat menyayangkan jika ada pihak yang mempolitisasi pembangunan yang dilakukan oleh Gubernur Sulsel yang selama ini  sangat dinantikan oleh masyarakat.

"Orang-orang (yang mengkritisi pembangunan yang dilakukan Nurdin Abdullah) itu tidak puas karena tidak naik (saat Pilgub). Dia mencederai perasaan masyarakat Seko. Siapapun yang punya tanggapan miring sekarang harus melihat kenyataan sekarang, kenyataannya pak Prof (Nurdin Abdullah) ini yang berhasil. Makanya ada pernyataan masyarakat Seko bahwa setelah 74 tahun Indonesia merdeka masyarakat Seko baru merasakan kemerdekaan dengan adanya infrastruktur," tegasnya.

Menurutnya, perhatian Bupati Luwu Utara bersama Gubernur Sulsel yang memperhatikan masyarakat terpencil patut diacungi jempol bukan malah dipolitisasi dengan hal-hal lain.

"Kami bersyukur sekali dengan adanya ini jalan. Baru terjadi di Seko yang namanya macet, selama ini kami tidak tahu bagaimana itu macet pada saat kunjungan Gubernur dan malam tahun baru bersama puluhan ribu masyarakat, itu berkat pak Prof," tambah Akbal Ali.

Oleh karena itu, jika ada yang mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur di Seko itu tidak masuk dalam RPJMD dan ada maksud di balik pembangunan itu. Akbar Ali bersama masyarakat mengaku sangat menyayangkan hal tersebut.

"Saya bisa counter pernyataan itu.  Kenyataannya kami sudah bisa naik motor dan naik mobil sekarang ke Seko. Sekarang saya lebih nyaman kalau naik motor ke Seko. Jadi kami sangat menyayangkan kalau ada pernyataan yang mengkritisi pak Prof. Karena kami sudah merasa bahagia dengan adanya pembukaan jalan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah memprogramkan, daerah Seko, Luwu Utara menjadi kota mandiri dan menjadi kawasan pertumbuhan ekonomi baru di Sulsel. Konsep tersebut digulirkan berdasarkan dukungan dan potensi alam dengan wilayah yang luas serta posisi Seko yang strategis.

Seko ini merupakan kawasan segi tiga emas (golden triangle location) yang menghubungkan Provinsi Sulawesi Barat melalui Mamuju dan Sulawesi Tengah melalui Sigi, Palu.

Untuk merealisasikan program tersebut, Pemprov Sulsel kini membangun akses jalan Sambang-Seko sepanjang 130 km.

Progres terakhir jalan tersebut sebagian sudah diaspal dan selebihnya sudah dilakukan pemadatan, sebagian pembukaan sehingga akses ke Seko saat ini sudah bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat yang sebelumnya hanya dapat ditempuh dengan motor. 
(OTN)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama