Hj Anne Ratna Mustika Buka MTQ Ke - 36 Tingkat Kabupaten Purwakarta


PURWAKARTA  (wartamerdeka.info)  - Dalam rangka upaya menumbuhkembangkan dan meningkatkan pemahaman dan pengamalan masyarakat terhadap isi dan kandungan Al-Qur’an , Pemkab bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) yang Ke - 36 di Taman Maya Datar Komplek Pemkab, Senin (17/02/2020).

Acara MTQ Ke - 36 ini diikuti oleh 183 Peserta dari berbagai tingkatan yang dibuka lasung Bupati Purwakarta Hj.Anne Ratna Mustika serta Dihadiri  Unsur Forkopimda , Kepala Kemenag , Pimpinan dan Anggota DPRD , Setda , Tokoh Agama , Pimpinan Pondok Pasantren , Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab , Para Camat , Kepala Desa Se - Kabupaten Purwakarta dan para undangan lainnya.

Dalam sambutannya,  Kepala Kementerian Agama Kab.Purwakarta Tedi Ahmad Junaedi mengatakan, di awal tahun ini kita menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten. Dengan MTQ ini, diharapkan masyarakat Purwakarta bisa  menjadi masyarakat yang Qur'ani, untuk mewujudkan Purwakarta Istimewa yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur , Kata Tedi

Menurut Tedi, kegiatan ini juga bagian dari upayanya untuk mencari bibit unggul yang nantinya akan diikut sertakan dalam perlombaan MTQ di tingkat Provinsi maupun tingkat nasional.

Dalam seleksi ini para kafilah (peserta) akan menunjukkan kebolehannya dalam cabang – cabang yang dilombakan. Ada delapan cabang yang dilombakan dalam pelaksanaan MTQ ke - 36 ini. Yakni, di antaranya cabang Tilawah, Tahfidz, Qiroat dan Tafsir masing – masing cabang ada kategori yang membedakan. Yakni, kategori putra dan putri. Serta, usia anak – anak dan dewasa

Ke depan pihaknya bersama Pemkab Purwakarta akan menguatkan komitmen untuk membangun Lembaga Pembinaan Tilawatil Qur'an (LPTQ) hingga tingkat Desa. Hal itu bertujuan untuk mengembangkan potensi – potensi Tilawatil Quran yang ada di Desa/Kelurahan di wilayah tersebut.

"Melalui LPTQ, kedepan kita akan melakukan pembinaan. Supaya, kedepannya muncul bibit – bibit unggul tilawatil qur’an terbaik dari yang baik dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan hingga nantinya bisa diikutsertakan di tingkat Kabupaten dan Nasional," papar kepala Kemenag.

Sementara Bupati Purwakarta Hj Anne Ratna Mustika menambahkan, pihaknya berharap kegiatan ini bisa sekaligus menjadi ajang untuk meningkatkan semangat dalam syiar Islam. Jadi, bukan hanya sekedar dijadikan perlombaan atau adu gengsi. Melainkan, harus memiliki niat untuk ibadah.

"Harapan kami, kegiatan ini bisa berdampak positif, baik itu untuk peserta MTQ, Panitia, maupun masyarakat pada umumnya," harap Ambu Anne.(A.Budiman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama