Kementerian PPN/Bappenas Gelar Rakor Bersama Kepala Daerah Bahas Agenda Prioritas Nasional


JAKARTA (wartamerdeka.info) - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah 2021 bersama sejumlah Kepala Daerah yang diselenggarakan di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, mulai hari Selasa (03/03/2020) hingga  Rabu (04/03/2020) esok hari.

Beberapa pejabat yang hadir dalam Rakor ini antara lain Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa serta beberapa Kepala Daerah seperti Gubernur Maluku Murad Ismail, Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan, dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan.

Dengan mengusung tema Memperkokoh SInergi Pusat-Daerah dalam Rangka Pelaksanaan Major Project RPJMN 2020-2024, Kementerian PPN/Bappenas mengharapkan adanya percepatan pembangunan dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung oleh SDM berkualitas dan berdaya saing.

Selain itu, dalam Rakor kali ini, Kementerian yang dipimpin Menteri Suharso Monoarfa ini juga ingin meningkatkan industri, pariwisata, dan investasi di berbagai wilayah didukung oleh SDM dan infrastruktur untuk pertumbuhan berkualitas.

Sementara itu dalam paparannya, Kementerian PPN/Bappenas menjelaskan bahwa ada tujuh agenda prioritas nasional yang sudah ditetapkan dalam RPJMN 2020-2024. Ketujuh agenda prioritas tersebut antara lain, Memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan yang Berkualitas dan Berkeadilan ; Mengembangkan Wilayah untuk Mengurangi Kesenjangan dan Menjamin Pemerataan ; Meningkatkan Sumber Daya Manusia Berkualitas dan Berdaya Saing ; Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan ; Memperkuat Infrastruktur untuk Mendukung Pembangunan Ekonomi dan Pelayanan Dasar ; Membangunan Lingkungan Hidup, Meningkatkan Ketahanan Bencana, dan Perubahan Iklim ; Memperkuat Stabilitas Polhukhankam dan Transformasi Pelayanan Publik.

Agar RKP 2021 memberikan manfaat yang lebih dirasakan masyarakat, maka untuk pertama kalinya, Proyek Prioritas Strategis (Major Project) dalam RPJMN 2020-2024 akan menjadi fokus dalam rencana dan anggaran RKP. Pelaksanaan Major Project juga akan dilakukan sesuai kesiapan, dan tahapan proyek-proyek yang disampaikan harus disertai dengan rencana dukungan dan komitmen daerah (antara lain: lahan, izin, regulasi dan deregulasi yang dibutuhkan). (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama