Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


Cegah COVID-19, Bupati Gorontalo Minta Masyarakat Harus Pakai Masker Saat Keluar Rumah


LIMBOTO (wartamerdeka.info) - Kabupaten Gorontalo hingga saat kini masih berstatus Zero Case. Untuk menjaga hal ini Pemkab Gorontalo memperketat protokoler kesehatan kepada warganya. Prosedur Protokol Kesehatan bagi masyarakat, kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, untuk melindungi warga Kabupaten Gorontalo dari wabah corona atau Covid-19. 

“Seluruh masyarakat harus memakai masker saat keluar, menjaga jarak, kemudian di setiap rumah harus mempunyai tempat pencucian tangan, walaupun hanya air dan sabun saja itu sudah cukup,” kata Nelson saat diwawancarai,  di Rumah Dinas. Minggu (12/4/2020)

“Alhamndulillah hingga saat ini, daerah Kabupaten Gorontalo belum terpapar korona atau COVID-19. Saya kira, pertama, ini merupakan upaya kita semua mencegah penyebaranya yang melibatkan seluruh elemen  pemerintah dari tingkat desa hingga kabupaten,”  ungkap Nelson.

“Ini atas kolaborasi seluruh masyarakat. Saya berterimakasih kepada masyarakat atas keikutsertaan, partisipasinya dalam rangka mencegah terutama mengikuti protokol kesehatan,” Sambung Nelson.

Nelson menjelaskan, semua partisipasi masyarakat diantaranya, menggunakan masker, menjaga jarak, cuci tangan, tidak saling berhubungan, di masjid-masjid terbatas, di pasar juga diberlakukan protokol kesehatan, ASN bekerja di rumah, para siswa belajar dari rumah, termasuk semua menjaga kesehatan, makanan yang sehat, pola hidup yang sehat. "ni adalah bagian dari partisipasi yang dimaksud dengan  mencegah penyebaran virus korona,” Tutur Nelson.

Ia pun menambahkan, di Kabupaten Gorontalo sejak awal punya gugus tugas termasuk melibatkan TNI, POLRI, Kejaksaan, DPRD yang adalah bagian Forkopimnda sampai dengan tingkat desa. “ Kecamatan punya gugus tugas, desa punya bahkan mmebuat posko-posko, bahkan masyarakat sudah punya kesadaran akan pentingnya mencegah virus korona.

"Walaupun, saya melihat masih menemukan 5-10 persen yang belum dan ini harus kita dorong terus, kesadaran pencegahan Corona ini,” ucapnya.

Kedua, kata Nelson, jaminan sosial terus dilakukan, ini sudah dimulai dari desa dan minggu depan di tingkat Kabupaten.

“Terakhir, kalau ini sudah berkembang baik, dalam arti pencegahan hingga juga pada pemulihan, kita akan berikan bantuan-bantuan untuk pemulihan usaha-usaha dari masyarakat termasuk pada para petani,” tandas Nelson.

Posting Komentar untuk "Cegah COVID-19, Bupati Gorontalo Minta Masyarakat Harus Pakai Masker Saat Keluar Rumah"