Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


 

Terpilih Jadi Ketua DPD Pewarna Jabar, Kefas Hervin Devananda Canangkan Kiprah Pers Kebinekaan

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Kefas Hervin Devananda, S.H., S.Th., M. Pd.K, yang terpilih sebagai Ketua perdana Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Wartawan Nasrani (PEWARNA) Indonesia periode 2020 -2025, dalam Konferensi Daerah (Konferda) I Jawa Barat, akan canangkan kiprah pers kebinekaan.

Kebinekaan yang dimaksud tentu sesuai prinsip-prinsip menghargai keberagaman, membangun kebersamaan lintas agama dalam bingkai Pancasila. Maka, orientasi kebinekaan dalam tugas-tugas jurnalistik para pewarta, menjadi sangat penting.

Sebab itu, dalam Konferda I yang digelar Rabu (28/10/2020) di BICC Hall, Lt. 3 Mega Mall Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat ini, dilangsungkan Dialog Kebangsaan dan Focus Group Discussion (FGD), yang mengangkat tema: “Merajut Kebinekaan: Peran Jurnalis Dalam Membangun Kebersamaan Lintas Agama Dalam Bingkai Pancasila”.

Acara dihadiri 48 orang antara lain: Kesbangpol kota Bekasi diwakili H. Abdul Kadir Djaelani, S.IP, M.M; Kasubbid Bela Negara dan Karakter Bangsa, Humas Pemerintah Kota Bekasi, H. Abdul Manan; Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Bekasi, Ketua MUI kota Bekasi melalui perwakilan; HIPAKAD Cabang Bekasi Raya, Benny Nababan, Sm.Hk; Tim Walikota Untuk Percepatan Pembangunan, Benny Tunggul Simanjuntak; Ketua Persatuan Gereja-Gereja dan Lembaga-Lembaga Injili Indonesia (PGLII) Jawa Barat, Benyamin Lumondo. Sedangkan dari DPP, hadir Ketua Umum, Yusuf Mujiono; Sekjen, Ronald Onibala, bersama fungsionaris lainnya.

Hervin (sapaan akrab) Kefas Hervin Devananda, yang sebelumnya adalah Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Dewan Pimpinan Pusat Pewarna Indonesia, sejak Februari lalu ditunjuk DPP sebagai Pjs. Ketua Pewarna Indonesia Provinsi Jawa Barat, yang salah satu tugasnya mempersiapkan Konferda I Pewarna Jabar. Namun, karena sejak pertengahan Maret 2020, Pemerintah menetapkan Indonesia mengalami  bencana Nasional pandemi Covid-19, maka agenda Konferda Jabar baru terlaksana sekarang. 

Sebagai Ketua Panitia, Hervin yang juga Pemimpin Redaksi pelitanusantara.com ini mengungkapkan, menggelar Konferda I Jabar ditengah situasi pandemi Covid, tidaklah mudah dengan segala peraturan dan berbagai pembatasan dari Pemerintah. 

“Apalagi wilayah Jawa Barat ini memiliki area yang sangat luas, jumlah kabupaten/kota yang lebih banyak, dan penduduk yang lebih banyak dibanding daerah lainnya. Tapi dengan keyakinan bersama tim panitia, bahu-membahu menghubungi berbagai jaringan rekan-rekan jurnalis di Jawa Barat, jalan semakin terbuka. Kami panitia modalnya hanya doa dan keyakinan serta langkah nyata, dalam mensukseskan Konferda I Jawa Barat" ungkapnya. 

Kefas Hervin Devananda terima pataka dari Ketua Umum DPP Pewarna, Yusuf Mujiono

Sementara itu, dalam proses Pemilihan Ketua DPD, diawali dengan pembacaan SK Penugasan Pelaksana Konferda I Jawa Barat, oleh Sekjen, Ronald Onibala. Selanjutnya Sekjen langsung menunjuk 3 (tiga) peserta untuk memimpin persidangan. 

Pimpinan Sidang, David Napitupulu selanjutnya memulai dengan membaca mekanisme pemilihan berdasarkan AD/ART. Kesepakatan proses pemilihan diputuskan berdasarkan pemungutan suara (voting), dengan suara terbanyak dari anggota Konferda. 

Ada 2 (dua) calon ketua DPD yaitu, Kefas Hervin Devananda dan Tommy Lantang. Namun, hasil voting menunjukkan, Kefas Hervin Devananda unggul dengan perolehan 31 suara. Dan Tommy Lantang hanya dapat 6 suara, dari total 37anggota yang punya hak suara. 

Usai terpilih, Hervin sujud syukur dan menyampaikan pidato kemenangannya, yang menyebut, bahwa hasil konferda adalah kemenangan untuk seluruh anggota Pewarna Jawa Barat. 

"Hasil konferda ini adalah kemenangan untuk seluruh anggota DPD Pewarna Indonesia Jawa Barat. DPD Jawa Barat adalah rumah kita bersama," pekiknya.

Diakhir sambutannya Kefas berharap roda organisasi digerakan bersama sama agar seluruh anggota bisa merasakan hasilnya. Panitia juga menngucapkan terimakasih kepada berbagai pihak, atas dukungan materil maupun imateril, sehingga Konferda I Jawa Barat berjalan lancar dan sukses. 

Sekedar diketahui, Pewarna Indonesia adalah wadah organisasi profesi wartawan Nasrani, yang terus mengembangkan kepengurusan daerah di seluruh Indonesia. Ini merupakan bagian dari amanat Kongres ke-2 tahun 2019 lalu. 

Di tahun 2020 ini, ada 4 (empat) DPD yang sudah menyelenggarakan Konferdanya yaitu: DPD DKI Jakarta, DPD Banten, DPD Sulawesi Utara dan DPD Jawa Barat. Sedangkan total DPD yang sudah terbentuk hingga saat ini, sebanyak 14 DPD. (DANS)

Posting Komentar untuk "Terpilih Jadi Ketua DPD Pewarna Jabar, Kefas Hervin Devananda Canangkan Kiprah Pers Kebinekaan"