Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Dinporabudpar Banyumas Gelar Festival Dalang Cilik


PURWOKERTO (wartamerdeka.info) - Bupati Banyumas Ir Achmad Husein membuka Festival Dalang Cilik Rabu (4/11/2020) di Gedung Kesenian Soetedja, Purwokerto . 

Festival yang digelar oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisatanya Kabupaten Banyumas diikuti tujuh dalang usia 12-15 tahun itu digelar sebagai wadah regenerasi pelaku kesenian tradisional. Perhelatan festival menjadi salah satu upaya regenerasi dalang gagrak Banyumasan yang kian menua.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani mengatakan festival dalang cilik digelar untuk membina, melestarikan seni pedalangan yang merupakan salah satu kearifan lokal bangsa Indonesia. 

"Ini juga upaya regenerasi supaya anak-anak mencintai seni pedalangan,” katanya.

Menurut Asis, semula festival akan digelar di Museum Wayang Banyumas. Namun karena harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 secara ketat, kegiatan akhirnya dihelat di Gedung Kesenian Soetedja. 

“Peserta diberi kesempatan tampil dalam waktu satu jam,” ujar Asis.


Ada sejumlah aspek yang dinilai dalam festival ini meliputi penampilan, vokal, suluk, hingga permainan wayang.

Selain festival dalang, lanjut Asis, pihaknya juga sedang mempersiapkan festival karawitan yang akan digelar pada akhir bulan Nopember ini.

Bupati Banyumas Achmad Husein menyambut baik digelarnya festival ini sebagai upaya merawat dan melestarikan seni budaya pewayangan khususnya Gagrag Banyumasan. Ia berjanji akan mengundang Dalang yang menjadi pemenang nanti, untuk tampil di Pendopo Sipanji.

"Saya juga minta dukungan kepada Pepadi, agar anggaran APBD, untuk pentas wayang dengan syarat dalang yang menggunakan bahasa banyumasan," katanya.

Bupati penasaran kepada Catur Putra Sinatria, yang baru saja menjadi juara festival dalang cilik tingkat Jawa Tengah. Maka ia meminta Catur menjadi pembuka Festival Dalang Cilik tersebut.

Penampilan bocah kelas V SD Negeri 3 Kediri, Karanglewas tersebut, cukup mengobati rasa penasaran Bupati Banyumas, Achmad Husein.(humas/gus)

Posting Komentar untuk "Dinporabudpar Banyumas Gelar Festival Dalang Cilik "