Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Menilik Peluang Anies Baswedan Di Pergulatan Pilpres 2024

Oleh: Saiful Huda Ems

(Lawyer dan Pemerhati Politik)

SEORANG wartawan bertanya ke saya soal bagaimana kans Anies Baswedan untuk menjadi Capres 2024, dan saya menjawabnya seperti ini: Mengingat banyaknya kasus yang menimpa Anies Baswedan meski oleh KPK belum serius menanggapinya, nampaknya masyarakat dan elite-elite politisi parpol semakin tidak tertarik untuk mendukung Anies menjadi Capres 2024. Ini diperparah lagi dengan tidak terlihatnya prestasi Anies selama menjadi Menteri Pendidikan hingga dipecat dan selama Anies menjadi Gubernur DKI Jakarta yang minim prestasi. 

Olehnya, Anies selama ini praktis hanya mengandalkan dukungan dari tokoh-tokoh politik nasional yang memiliki kesamaan visi dan tabiat politik yang kerap menjadikan sentimen SARA sebagai isue politiknya. Di masyarakat yang religius seperti Indonesia dan yang masyarakatnya sangat mudah dibakar dengan isue SARA, strategi mengemas isue politik berdasarkan sentimen SARA itu memang cukup lumayan efektif untuk mendulang dukungan suara, namun ketika masyarakat kita sudah mulai melek politik seperti sekarang, dan sudah berkali-kali terkecoh oleh penggiringan opini bernuansakan sentimen SARA, semua itu hanya akan menjadi bahan kemasan politik yang usang dan tak berlaku lagi.

Kekerasan demi kekerasan politik yang bernuansakan SARA sudah menjadi trauma tersendiri bagi masyarakat Indonesia yang sebenarnya memiliki karakter yang rukun, tenang dan damai, olehnya mengapa ketika HTI dan FPI dibubarkan, nyaris tidak ada perlawanan yang cukup berarti dari masyarakat luas, bahkan dari para anggota kedua Ormas itu sendiri yang biasanya menampakkan karakter reaktif dan bringasnya. Jadi menantikan Anies untuk menjadi Capres 2024 saya pikir merupakan suatu kesia-siaan, kecuali para tokoh politik nasional yang memimpin partai-partai politik juga sebagian besar masyarakat kita lengah, tidak serius mempersiapkan figur pemimpin nasional di masa depan yang lebih bersih dan cakap memimpin, maka bisa jadi tokoh politisi seperti Anies akan bisa melenggang dengan tenang menjadi Capres bahkan bisa-bisa terpilih menjadi Presiden 2024.  

Konon partai terbesar di negeri ini akan mengusung Prabowo-Puan menjadi Pasangan Capres-Cawapres 2024. Kita semua akan dengan mudah bisa menebak dari semua itu, apakah mayoritas rakyat masih mau memilihnya? Tidakkah rakyat akan bosan melihat Capres yang akan muncul hanya itu-itu saja dari dulu? Kenapa tidak mencalonkan Pak Moeldoko atau Pak Ganjar Pranowo saja misalnya? Karena itu munculnya sosok politisi baru namun terbukti memiliki integritas seperti Pak Moeldoko yang sekarang sedang fenomenal setelah adanya ribut-ribut internal Partai Demokrat itu, saya pikir jauh lebih memiliki kans besar untuk menjadi Capres 2024 daripada Anies Baswedan. Gebrakan politik Pak Moeldoko penuh muatan pendidikan politik dan demokrasi, saya pikir kita tak boleh menyia-nyiakannya untuk memimpin Indonesia ke depan.  

Posting Komentar untuk "Menilik Peluang Anies Baswedan Di Pergulatan Pilpres 2024"