Hadiri Wisuda Sarjana STKIP Muhammadiyah Barru, Bupati Suardi Saleh Siap Dukung Perubahan Status Kampus

BARRU (wartamerdeka.info) - Bupati Barru Ir H. Suardi Saleh menegaskan, Pemerintah Kabupaten Barru siap mendukung perkembangan dan perubahan status Kampus STKIP Muhammadiyah Pekkae Kabupaten Barru. Hal itu disampaikan Bupati Suardi Saleh saat menghadiri Wisuda Sarjana  Sekolah Tinggi Keguruan  dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Barru, Dikampus STKIP Muhammadiyah Barru di Pekkae Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru, Senin (31/5/2021).

"Kita bersyukur dan mengapresiasi karena prosesi wisuda sarjana ke XXIII ini dapat dilaksanakan tahun ini, meski kita masih dalam suasana Pandemi Covid 19  dimana setiap aktifitas harus sesuai protokol kesehatan yang ketat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19", kata Suardi Saleh dalam sambutannya. 

Dijelaskan Bupati, meski kondisi Kabupaten Barru yang saat ini sudah Zero Covid-19, namun kita berharap masyarakat jangan lengah. Kita berharap agar protokol kesehatan terap kita indahkan sehingga kondisi Barru Zero Covid dapat terus dipertahankan.

Dalam kesempatan itu pula, Bupati Barru menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati STKIP Muhammdiyah Barru. Tentu  hari ini lanjut Bupati, mahasiswa secara resmi telah menyelesaikan studinya dan mendapat predikat sarjana, akan tetapi bukan berarti akhir dari segalanya, masih ada tantangan kedepan yang harus dihadapi.

Lanjut Suardi Saleh, para mahasiswa yang sudah diwisudah siap kembali ke masyarakat dengan penerapan ilmu yang didapatkan selama kuliah, baik mengejar dunia kerja untuk masa depan yang lebih baik nantinya.

Selain itu, ia juga menyampaikan dukungannya untuk pengembangan kampus STKIP Muhammadiyah Barru. Suardi bahkan menantang perubahan status kampus ini segera diselesaikan menjadi Universitas.

“Kalau tidak salah, pada wisuda periode lalu, ada niatan untuk mengubah status perguruan tinggi kita ini. Saya sampaikan, Pemerintah Kabupaten Barru, insya Allah mendukung niatan itu. Kami pasti akan membantu,” kata Suardi.

Ketua  STKIP Muhammadiyah Barru, Dr. A. Fiptar Abdi Alam melaporkan. untuk tahun ini wisudawan berjumlah 95 orang yang berasal dari Program Studi Bimbingan Konseling.

Ia menyebutkan, bahwa saat ini, mahasiswa STKIP berjumlah 350 orang. Sementara  tenaga pengajar terdiri atas, Dosen Yayasan 11 orang, Dosen Luar Biasa 25 orang.

“Kualifikasi pendidikan mereka, Strata Dua (S2) 29 orang, Strata Tiga (S3) 5 orang, dan ada 2 orang yang sementara dalam proses Program Doktor,” kata Fiptar.

Fiptar juga melaporkan, bahwa pihak kampus dan Pemerintah Kabupaten Barru menjalin hubungan yang sangat baik. Ia melaporkan bahwa pada 2017 lalu, Bupati Barru membantu pembangunan Gedung Aula Kampus yang digunakan wisuda kali ini.

”Kami juga mendapat beasiswa dari DIKTI, BAZNAS, dan Lazismu. Program beasiswa juga datang dari Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah,” kata Fiptar.

Hal itu juga disampaikan Kepala Dikti Wilayah IX Sulsel, Prof. Dr. Jasruddin, menanggapi tantangan dan dukungan yang disampaikan oleh Bupati Barru. Ia bahkan menantang, pada acara wisuda berikutnya, status kampus ini sudah berubah dari STKIP menjadi Universitas.

Prof Jasruddin sebelum mengakhiri sambutannya, diapun menyempatkan menyanyikan sebuah lagu "titip rindu buat ayah" ciptaan  Ebiet G. Ade yang sontak membuat para yang hadir terharu.

Sementara itu, menutup acara ini, Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sulsel, Dr. K.H. Mustari Bosra, dalam amanahnya mengutip Surah Al-Imran ayat 110. Ia berpesan, umat Islam sebagaimana ayat suci tersebut, benar-benar menjadi umat terbaik.

“Kalau dalam konteks STKIP, jadilah STKIP Muhammadiyah Barru ini yang terbaik. Dan, semestinya kita memang seperti itu. Yathlu wa laa illa alaih. Kita di atas dan tidak ada yang boleh di atasnya lagi,” pesan Mustari.

Acara yang digelar di Aula KH Ahmad Dahlan selain dihadiri Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, Koordinator Kopertais Wilayah IX Prof Dr. Jasruddin, Wakil Ketua PW Muhammadiyah KH Mustari Bosra, Selain itu,  hadir pula Para Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Pimpinan PDM Barru, 

Wisuda tersebut juga disaksikan Dirjen Dikti yang mengikuti lewat virtual, Wakil Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah secara daring. Hadir juga secara fisik, pimpinan Universitas se-Kabupaten Barru, Wakil Rektor IV UMPAR, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barru, dan Kapolres Barru.  (hms/syam) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama