Pemkab Lamongan Lakukan Refocusing APBD Untuk Tanggulangi Lumpuhnya Sektor Kehidupan

LAMONGAN (wartamerdeka.info) -Penyampaian laporan pelaksanaan APBD adalah agenda tahunan dari siklus pengelolaan keuangan daerah. Laporan tersebut merupakan perwujudan atas kinerja pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan oleh Pemkab Lamongan. 

Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2020 ini disampaikan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi,  dalam Rapat Paripurna DPRD  Hari Pertama dalam rangka Pengantar Nota Keuangan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020, Senin (24/5/2021).

Pak Yes, panggilan bupati Lamongan menyampaikan,  covid-19 di tahun 2020 telah melumpuhkan berbagai sektor, baik dalam kehidupan masyarakat maupun pemerintahan. Untuk menanggulangi hal tersebut Pemkab melakukan refocusing APBD sehingga kapasitasnya mengalami kontraksi sebesar minus 6,8 perse. 

Postur APBD Kabupaten Lamongan setelah dilakukan perubahan, lanjut bupati, Pendapatan Daerah ditargetkan sebesar 2,98 triliun serta Belanja Daerah dan Transfer dialokasikan sebesar 3,01 triliun. Dengan demikian mengakibatkan defisit sebesar 36,57 miliar, sehingga diseimbangkan melalui kebijakan pembiayaan yang ditargetkan sebesar 43,52 miliar dan pengeluaran pembiayaan sebesar 6,95 miliar.

“Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2020 terealisasi 95,41 persen, Belanja Daerah terealisasi sebesar 93,75 persen. Untuk surplus, dari target surplus yang ditetapkan diperoleh realisasi surplus sebesar 15,13 miliar. Sedangkan untuk kinerja pembiayaan, dari sisi penerimaan tercapai realisasi sebesar 99,18 persen yang berasal dari penggunaan SILPA (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran) dan penerimaan piutang Daerah,” jelas bupati Yuhronur Efendi.

Bupati, juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras, kerjasama dan sinergi semua pihak termasuk ASN, perangkat daerah dan mitra kerja pembangunan DPRD atas keberhasilan diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dan upaya yang telah dilaksanakan bersama dalam menghadapi pandemi covid-19.

“Saya berharap, dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2020 ini dapat memberikan gambaran dan informasi yang jelas kepada semua pihak atas kinerja keuangan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan,” kata Pak Yes menutup sambutannya.(Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama